Kompetisi Blog Nodi


Dunia blog telah mewarnai hidupku selama dua tahun terakhir. Sejak saat itu, berjuta kebahagiaan datang menghiasi hari-hariku dengan cara yang tak pernah kuduga.
Aku tak pernah menyangka bahwa dengan menulis, aku bisa mengenal narablog jempolan dan belajar dari penulis terkenal. Aku juga tak pernah mengira bahwa lewat rangkaian kata, ternyata aku bisa menimba ilmu dari redaktur senior, menerbitkan buku antologi, hingga menambah uang jajan istri.
Sampai beberapa waktu yang lalu, tiba-tiba aku tersadar. Apa gunanya bahagia jikalau hanya dirasakan seorang diri saja? Apa pentingnya kilauan materi jika tak pernah berbagi? Nah, sekaranglah saatnya aku ingin berbagi kebahagiaan kepada kalian semua.
Aku yakin, kalian pasti juga memiliki momen yang berkesan selama berkecimpung di dunia blog. Oleh karena itu, aku ingin tahu momen spesial apa yang membuat kalian bangga menjadi seorang penulis blog? Dengan kebanggaan yang kalian miliki, kira-kira apa resolusi kalian untuk menyambut tahun 2019?
Jangan hanya disimpan dalam kenangan, siapa tahu bisa menjadi inspirasi buat banyak orang. Yuk, anggit dalam bentuk tulisan dan menangkan total hadiah senilai Rp7.500.000. Menarik, bukan?

Tema Kompetisi

“Bangga Menjadi Narablog pada Era Digital”
·     Tulisan bercerita mengenai momen spesial yang membuat kalian bangga menjadi seorang narablog dan resolusi untuk menyambut tahun 2019.
·      Bagi kalian yang baru pertama kali menulis di blog, kalian bisa bercerita mengenai alasan mengapa tertarik menulis di blog dan apa harapan kalian pada tahun 2019 nanti.


Periode Kompetisi

Kompetisi berlangsung mulai tanggal 26 Desember 2018 sampai dengan 25 Januari 2019.


Syarat dan Ketentuan

1.       Peserta yang berhak mengikuti kompetisi ini adalah Warga Negara Indonesia.
2.  Kompetisi ini tidak dipungut biaya alias gratis. Oleh karena itu, waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan kompetisi ini.
3.   Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Peserta diperkenankan menggunakan kata dalam bahasa asing/daerah yang tidak memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia atau kurang padu dalam lafal maupun susunan kalimat, namun wajib menggunakan kaidah penulisan yang benar.
4.  Konten blog yang didaftarkan tidak mengandung unsur pornografi, judi, SARA, politik, ujaran kebencian, atau tindakan lainnya yang melanggar hukum.
5.   Tulisan bersifat baru, tidak sedang dilombakan di tempat lain, dan orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat). Apabila terdapat kutipan/gambar/infografis/video/animasi milik orang/pihak lain, maka peserta wajib mencantumkan sumbernya.
6. Peserta bebas menggunakan platform blog apapun. Tidak ada batasan usia atau jumlah minimal tayangan pada blog yang dikompetisikan.
7.      Setiap peserta hanya diperkenankan mendaftarkan 1 blog/tulisan.
8.     Panjang tulisan (di luar judul) maksimal 1.500 kata.
9. Peserta wajib memasukkan minimal 2 konten pendukung (berupa gambar/ilustrasi/infografis/video/animasi) dalam blog yang dikompetisikan.
10.   Peserta wajib menuliskan salah satu atau seluruh kata kunci dalam artikel, yakni:
a.        Narablog; dan/atau
b.        Blogger
11.  Dalam satu kata kunci yang dituliskan sebagaimana syarat nomor 10 di atas, Peserta wajib memasukkan satu tautan (backlink) ke alamat blogku, yaitu: https://www.nodiharahap.com
12.    Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
13.   Peserta wajib menyukai Facebook Fanpage serta mengikuti akun Instagram dan Twitter milikku:
a.      Facebook Fanpage: https://www.facebook.com/nodianakrini
b.     Instagram: @nodi_harahap
c.      Twitter: @nodiharahap
14.   Peserta sangat disarankan mengikuti akun Instagram para juri:
a.      Khrisna Pabichara: @khrisnapabichara
b.     Joe Candra: @joecandra18
c.      Nabilla DP: @nabilladp
15. Peserta wajib membagikan tautan blog yang dikompetisikan melalui salah satu akun media sosial milik peserta, yakni Instagram, Facebook, atau Twitter, dengan menyertakan tagar #KompetisiBlogNodi dan #NarablogEraDigital serta mention salah satu akun media sosial milikku sebagaimana angka 13 di atas. Apabila kalian membagikannya di Instagram, maka mention akun Instagramku. Hal yang sama berlaku pada media sosial Twitter dan Facebook.
16.   Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap pada tautan di bawah ini:


Kriteria Penilaian

1.       Alur cerita, dengan bobot penilaian 30%.
2.      Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dengan bobot penilaian 30%.
3.     Orisinalitas, dengan bobot penilaian 25%.
4.     Kesesuaian dengan tema, dengan bobot penilaian 10%.
5.      Konten pendukung, dengan bobot penilaian 5%.
Hasil penilaian peserta yang memenuhi seluruh syarat dan ketentuan, akan ditampilkan pada saat pengumuman pemenang di blog ini.


Dewan Juri

1. Khrisna Pabichara, Penulis. Kumpulan artikelnya dapat kalian lihat di https://www.kompasiana.com/1bichara
2.      Joe Candra, Travel & Lifestyle Blogger. Mantan banker yang mengekspansi zona nyaman melalui blog. Tulisannya dapat kalian baca di https://www.joecandra.com
3.     Nabilla DP, Parenting Blogger & Freelance Writer. Sarjana hukum yang doyan ngeblog dan jalan-jalan. Ceritanya dapat kalian nikmati di https://www.bundabiya.com/
Sedikit saran dariku, bacalah beberapa artikel yang ditulis oleh para juri. Pelajari cara dan selera mereka dalam merangkai kata. Dengan begitu, kesempatan kalian untuk menang akan semakin besar. Tapi ingat, tetap jadi diri sendiri, ya!
O ya, aku juga ingin agar kemampuan menulis kalian semakin baik setelah mengikuti kompetisi ini. Oleh karena itu, seluruh blog yang diikutsertakan dalam kompetisi ini akan mendapat tanggapan/komentar dari Khrisna Pabichara! Kapan lagi, coba?
Tanggapan/komentar akan dikirimkan ke alamat surel kalian, paling lambat 7 hari setelah periode pengumuman pemenang.


Hadiah Bagi Para Pemenang

·       Juara 1 akan mendapat uang tunai sebesar Rp1.500.000.
·       Juara 2 akan mendapat uang tunai sebesar Rp1.250.000.
·       Juara 3 akan mendapat uang tunai sebesar Rp1.000.000.
·  5 Orang Juara Harapan Pertama akan mendapat uang tunai masing-masing sebesar Rp500.000.
·  5 Orang Juara Harapan Kedua akan mendapat uang tunai masing-masing sebesar Rp250.000.


Pengumuman Pemenang

Pemenang akan diumumkan paling lambat pada tanggal 5 Februari 2019 di blog ini, serta melalui akun Instagram, Twitter, dan Facebook milikku.


Pengiriman Hadiah

Hadiah akan dikirimkan melalui rekening di bank milik pemenang, paling lambat 3 hari setelah pengumuman pemenang.


Informasi Lebih Lanjut

Apabila masih terdapat pertanyaan seputar kompetisi ini, kalian dapat meninggalkan komentar di bawah, atau menghubungi saya melalui media sosial.

54 comments:

  1. Subhanallah. Sukses terus Mas Nodi untuk pekerjaan, karir blog dan rumah tangganya. Semoga Allah memberkahi selalu. Salam hangat untuk Mas Nodi dan semua juri yang akan bertugas.

    Semoga saya bisa ikut berpartisipasi dan meramaikan lomba blognya. Insya Allah ...
    Selamat sekali lagi Mas Nodi dan sukses untuk lombanya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Ya Rabb. Terima kasih banyak Mas Firman atas doanya. Alhamdulillah, ditunggu partisipasinya Mas Firman, ya. Terima kasih sudah mampir, Mas. Salam hangat.

      Delete
  2. Selamat dan sukses untuk acaranya semoga ini bisa jadi penyemangat bagi semua orang untuk menyalurkan bakatnya. Sukses buat semua tim terkait

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Ya Rabb. Terima kasih, Mba atas doanya. Semoga Allah melancarkan lombanya sampai tuntas. Ditunggu partisipasinya ya, Mba. Salam hangat.

      Delete
  3. Semoga makin sukses di 2019 Pak Nodi Harapap. Salam dari Bekasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Ya Rabb. Terima kasih, Pak Thurneysen. Ditunggu partisipasinya ya, Pak. Salam hangat dari Jakarta.

      Delete
  4. Semoga saya bisa berpartisipasi dalam lombanya, Mas. Belum menulis dan harus cari ide dulu. Barusan dini hari tadi menulis topik serupa untuk lomba lain. :) Salam. Semoga pesertanya banyak.
    Oh, ya, soal tautan untuk setiap kata narablog yang mengarah ke blog ini, apakah harus banyak? Bagaimana nanti dengan penilaian Google sendiri? Apa tak masalah? Biasanya jika pada blog yang sama, tautannya cukup sekali agar tak dianggap sebagai spam atau apa. Saya, sih, tak masalah. Cuma bingung saja. Mohon jawabannya. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga idenya segera muncul dan bisa ikutan ya, Mba.

      Untuk persyaratan backlink sudah saya update ya, Mba. Jadinya cukup satu backlink di salah satu keyword saja. Terima kasih, Mba atas sarannya yang sangat membangun. Salam hangat.

      Delete
  5. Temanya bagus nih, semoga sukses lombanya, Mas Nodi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima kasih, Mas. Ditunggu artikel terbaiknya ya, Mas. Terima kasih dan salam hangat.

      Delete
  6. Insya Allah pengen ikutan mas, Salam kenal mas Nodi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima kasih, Mas. Ditunggu ya partisipasinya. Salam kenal juga Mas Aldhi.

      Delete
  7. Syukurlah sudah ada perubahan soal persyaratan kata kuncinya. Semoga acaranya berlangsung dengan baik. Senang bisa berbagi pengalaman. Salam dan terima kasih banyak, Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Sama-sama, Mba. Saya juga berterima kasih atas saran dari Mba. Salam hangat.

      Delete
  8. Ninggalin jejak dulu, semohga lancar dan banyak manfaatnya Mas, buat narablog lain terutama buat Mas Adhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Ya Rabb. Terima kasih banyak, Mas. Salam hangat.

      Delete
  9. Aku liat achievementnya Mas Nodi, keceeee:") sangat mengisnpirasi semakin bersemangat untuk ngeblog lebih serius 2019. Insya Allah saya ikutan kompetisinya :) Sukses terus Mas Nodi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, belum seberapa Mba. Masih perlu belajar dari yang lainnya saya. Hehe.

      Ayo, Mba ikutan. Ditunggu ya partisipasinya. Salam hangat.

      Delete
  10. Saya jejak dulu. Insyaa Allah tulisan menyusul..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Ditunggu ya, Mas partisipasinya.

      Salam hangat.

      Delete
  11. KABAR BAIK

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda dalam hutang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami menyediakan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan pinjaman perusahaan , Dan segala macam pinjaman dengan tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai akhir tahun ini dan kami berada di Maria Annette Loan Company, kami menjamin semua klien kami yang berharga bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami sekarang melalui email:
    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, sudah ikut kompetisinya dan selesaiakn semua taha dalam persyaratan. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima kasih banyak, Mba, sudah berpartisipasi dalam Kompetisi Blog Nodi. Saya senang sekali. Mohon tunggu pengumumannya ya, Mba. Salam hangat.

      Delete
  13. Replies
    1. Amin Ya Rabb. Terima kasih, Koh, sudah mendoakan dan repot-repot mampir ke mari.

      Delete
  14. Barakallahu Mas Nodiiii, kece sekali ini event di blog nodiharahap. Sukses lombanya. Semoga bisa ikut meramaikan yak. Berkah dgn semua karya dan pencapaian^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Ya Rabb. Wow senangnya guruku bisa ikut. Alhamdulillah. Ditunggu artikelnya ya, Mba. Salam hangat.

      Delete
  15. Salam kenal mas Nodi, berkat membaca peraturan di lomba ini saya jadi tau arti kata narablog dan anggit. Tambahan baru dalam kosakata bahasa Indonesia yang awalnya saya tak tahu. Semoga menjadi berkah tersendiri bagi mas Nodi telah mengadakan lomba ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, Kak. Ditunggu partisipasinya, ya. Hehe.

      Delete
  16. Prestasi ngeblognya luar biasa. Jadi ingin ikut serta juga, sekalian belajar nulis sesuai eyd ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Kak. Buat yang ikutan, Insya Allah akan diberi komentar oleh salah satu juri, Mas Khrisna Pabichara, supaya bisa belajar bahasa Indonesia.

      Delete
  17. Insyallah ikutan mas hehe... Alhamdulillah jadi ngerti apa itu narablog , awalnya bingung . Semoga sehat dan sukses selalu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga nulisnya lancar ya, Mas. Ditunggu artikelnya. Terima kasih, Mas.

      Delete
  18. Wah, senangnya... Ndak sengaja nemu info lomba nulis ini, menjadi pemantik saya untuk semakin rajin menulis blog di tahun 2019. Walaupun masih pemula, tidak jadi soal. Justru ini sebuah kesempatan untuk belajar dan mengasah kemampuan. Insya Allah, saya ingin ikut juga kompetisinya, Mas Nodi. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Tetap bersemangat, Mba. Kami tunggu artikelnya, ya. Salam hangat.

      Delete
  19. Saya selalu suka tulisan Nodi. Dan kian hari, Nodi menginspirasi saya untuk terus menulis, untuk terus melakukan hal baik yang disukai. Insya Allah saya luangkan berpartisipasi. Ini lagi menjaring ide dulu hehe. Berkah dan selalu menginspirasi, Bro! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, Bro Dodi! Alhamdulillah, senangnya Dodi mau ikutan. Hehe. Sukses untuk studinya ya, Bro. Semoga lancar dan berkah ilmunya. Terima kasih sudah repot-repot mampir ke mari.

      Delete
  20. tinggalin jejak dulu, semoga bisa berpartisipasi dalam kompetisi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Ditunggu artikelnya ya, Kak. Terima kasih sudah repot-repot ke mari meninggalkan jejaknya. Salam hangat.

      Delete
  21. Wah baru tahu, untung nya belum berlalu. Semoga saya bisa ikut. Kesempatan pertama yang tidak boleh disia-siakan. Salam Kenal mas nodi. Ghina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba Ghina. Ayo, Mba, ikutan. Ditunggu ya, artikelnya. Salam hangat.

      Delete
  22. Aku ikuuuutt :D
    Udah posting, udah isi formn-ya juga.
    Boleh share link hidup di comment kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap. Terima kasih sudah ikut Kompetisi Blog Nodi.

      Silakan, Kak, kalau mau share link hidup di kolom komen.

      Delete
  23. Saya kurang paham yg nulis kata kunci itu loh yg narablog atau blogger, mksdnya gimana? Saya baru2 aja buat blog kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya, di dalam artikel yang Kakak buat, harus ada minimal satu kata "blogger" atau "narablog".

      Delete
    2. syarat nomor 11 itu bagaimana ya kak? gimana masang backlink di kata kunci ke alamat blognya kakak?

      Delete
  24. Akhirnya selesai juga tulisan saya. Saya sudah ikutan ya Mas Nodi :) Ini harus pakai Link hidup di bio Instagram kah? Terima kasih

    ReplyDelete
  25. Bismillah mau ikutan. Baru baca rulesnya hari ini. Semoga tidak menjadikannya kecewa karena baru menyetorkan di detik-detik akan berakhirnya deadline. Seminggu lagi deadline. Mangatseeee! Thanks kak Nodi udah bikin lomba sebegini keren penghargaannya :")

    ReplyDelete
  26. Langsung ngedraf buat ikutan lombanya

    ReplyDelete
  27. Keren neh lombanya, hadiahnya juga asyik

    ReplyDelete
  28. Wah keren bisa dapat tanggapan dari Khrisna Pabichara. Jadi pengen ikutan lombanya

    ReplyDelete