Navigation Menu

Kiat Mencari Rumah Sakit Terdekat

Rumah Sakit Terdekat


Kita sering mendengar cerita pasien meninggal gara-gara telat berobat ke rumah sakit terdekat. Kita pun sering mengikuti berita duka nyawa pasien melayang di perjalanan menuju rumah sakit. Memang benar, ajal berada di tangan Tuhan. Akan tetapi, menolong sesama adalah kewajiban umat manusia, termasuk memberi pertolongan pertama. 

*** 

Kalau boleh jujur, ada beberapa faktor penyebab pertolongan datang terlambat. Boleh jadi karena pasien terserang penyakit mendadak, sementara tidak ada seorang pun di sekitar pasien yang memberi pertolongan pertama. Jantung atau stroke, misalnya. Ketika serangan datang sementara tidak ada orang di sekitar yang bisa memberi pertolongan, kedua jenis penyakit ini terbukti fatal. 

Namun di sisi lain, keterlambatan pertolongan pun bisa terjadi karena kealpaan kita dalam mengetahui lokasi rumah sakit terdekat. Memang terkesan sederhana, tetapi itulah yang sebenarnya terjadi. Sebab saat sehat, kita cenderung abai mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan ketika jatuh sakit, termasuk mencari rumah sakit terdekat. Faktor ini yang seharusnya bisa diminimalisasi. 

Apalagi saat ini kita sedang berada di tengah situasi sulit. Pandemi Covid-19 yang mulai meluas di Indonesia sejak Maret lalu, menelan pasien dan korban jiwa yang jumlahnya tidak sedikit. Tenaga medis bekerja di luar batas, kapasitas rumah sakit pun semakin terbatas. 

Tidak jarang pula kita dengar, pasien yang biasanya mudah diterima rumah sakit, harus mengalah dengan pasien dengan kondisi yang lebih patut dirawat. Ibu hamil dan pasien penyakit dalam adalah beberapa di antaranya. Mereka harus mengurung niat berobat ke rumah sakit karena risiko tertular Covid-19 di sana lebih besar dibandingkan ketika dirawat di rumah. 

Oke. Mari kita kesampingkan dulu drama di atas. Yang jelas, dalam situasi normal, rumah sakit adalah tempat paling tepat bagi pasien untuk mendapat perawatan. Berobat ke rumah sakit adalah representasi ikhtiar paling jitu dalam mencari kesembuhan ketika mendapat diuji sakit oleh Tuhan. Oleh karena itu, agenda prioritas kita, siapa pun Anda, adalah mengetahui lokasi rumah sakit terdekat. 

Untung saja era digital membawa segudang kemudahan, termasuk di bidang kesehatan. Mencari rumah sakit terdekat kini semudah membalikkan telapak tangan. Cukup buka website atau aplikasi Halodoc, kita bisa menemukan lokasi rumah sakit terdekat dengan cepat. 

Cukup ketik nama kotamu di menu pencarian lokasi, kamu bisa segera memperoleh alamat lengkap dan daftar rumah sakit terdekat. Jika kamu membuka aplikasi atau website Halodoc lewat ponsel, kamu juga bisa menghubungi nomor telepon rumah sakit tujuanmu dengan sekali klik saja. Mudah, bukan? 

Halodoc adalah website dan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan tepercaya, untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Anda. Tidak hanya mencari rumah terdekat saja, di sini kita juga bisa bertanya (chat) dengan dokter umum dan spesialis tepercaya dan membeli obat. 

Tidak hanya itu, Halodoc juga menyediakan segudang artikel mengenai kesehatan yang bisa menambah pengetahuan dan informasi tentang berbagai macam penyakit. Ada pula kiat dan pola hidup sehat untuk memitigasi serangan penyakit. 

Untuk mengedukasi masyarakat tentang serba-serbi Covid-19, Halodoc juga menyediakan kanal khusus bernama Coronavirus. Dalam kanal ini, kita bisa mengetahui penyebab, gejala, dan cara mendeteksi potensi Covid-19 secara mandiri dengan teknologi bot-chat. Ingat, mendapati gejala yang persis Covid-19 belum tentu terjangkit Covid-19. Halodoc bisa mengatasi kekhawatiranmu akan hal itu. 

Dengan segudang keunggulan tersebut, Halodoc adalah aplikasi yang patut diandalkan untuk menjaga kesehatan di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga. [Adhi]

***

0 komentar: