Mendapatkan Uang di Internet dengan Program Afiliasi


Mendapatkan uang di internet dengan program afiliasi sekarang menjadi ladang pendapatan baru yang menarik. Internet dan manusia seakan tak bisa dipisahkan. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tak bisa melepaskan diri dari dunia maya.
Dalam semua bidang kehidupan, seperti mencari hiburan, berita, menonton TV, sampai hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan koneksi ke internet. Internet berhasil sedikit banyak berhasil merevolusi bagaimana cara pandang manusia tentang kehidupan, termasuk dalam hal mencari uang.

ID Webhost Affiliate Marketing

Internet memberikan banyak peluang-peluang bisnis baru dengan janji bebas sekat-sekat wilayah. Bayangkan, sekarang kamu bisa bekerja di rumah, sementara rekan kerjamu berada jauh di luar negeri sana. Salah satu peluang bisnis yang sedang berkembang di internet adalah menjadi affiliate marketer.
Artikel ini akan membahas seluk beluk dunia program afiliasi karena IDwebhost juga mempunyai program afiliasi yang menjanjikan.

Apa itu program afiliasi?

Pertanyaan ini mungkin banyak menghantui pikiran kebanyakan orang awam tentang program afiliasi. Apakah program afiliasi itu termasuk MLM? Apakah program afiliasi itu scam?
Program afiliasi atau kemitraan adalah salah satu teknik dalam dunia pemasaran dimana penjual bekerjasama dengan pemasar melalui saluran pemasaran yang dimiliki oleh pemasar tersebut, bisa website, blog, sampai sosial media.
Misalnya, kamu adalah seorang blogger teknologi, lalu kamu mengikuti program afiliasi dari salah satu web hosting provider. Karena mengikuti program tersebut, kamu bisa memasang banner dari penyedia hosting tersebut.
Nantinya apabila ada pengunjung blogmu membeli produk dari penyedia hosting tersebut, kamu akan mendapatkan komisi. Menarik bukan?
Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu aplikasikan apabila kamu ingin memulai peruntungan mendapatkan uang di internet dengan program afiliasi.  Apa saja itu? Ini dia:

Persiapan Mengikuti Program Afiliasi

Mengikuti Program Affiliate Marketing

       Menentukan Bisnis Model
Ada dua model bisnis yang menjadi pilihan bagi affiliate marketer. Tipe pertama adalah situs sumber daya, dan yang kedua adalah situs review. Perbedaannya terletak pada bagaimana cara kerja keduanya.
Situs sumber daya, atau resources, biasanya akan meletakkan situs dari penjual berupa banner di situs atau website pemasar, biasanya pada artikel. Tipe ini mengharuskan pemasar untuk terus memperbarui kontennya agar pengunjung selalu tertuju ke situs penjual setiap mengklik tautan tersebut.
Sedangkan situs review atau ulasan, biasanya akan melakukan ulasan pada produk atau layanan yang pernah digunakan oleh pemasar. Pemasar akan meletakkan tautan pada ulasan tersebut.

       Membuat Website
Program afiliasi adalah salah satu bisnis di dunia digital marketing. Untuk kamu memerlukan sebuah platform, yang ideal dalam hal ini adalah sebuah website.
Dengan memiliki website, kamu bisa membuat posting-an berupa link dan kamu bisa mengiklankannya kepada pengunjung website-mu. Jika memiliki website, kamu bisa menghasilkan penghasilan tambahan dengan menjadi affiliate marketer.

       Memilih Niche
Siapa pun yang memutuskan terjun di dunia internet marketing wajib memilih satu niche atau spesialisasi yang akan mereka jalankan. Sebelum mulai memasarkan produk atau layanan dari penjual, sebaiknya kamu memilih bidang yang kamu kuasai.
Jangan sekali-sekali kamu mencoba tema yang tidak kami kuasai dengan baik. Karena nanti akan berpengaruh pada kualitas kontenmu.

       Memilih Produk atau Layanan
Setelah menentukan niche atau tema yang menjadi pilihanmu, sekarang saatnya kamu memilih produk atau layanan yang akan kamu promosikan di website-mu. Produk atau layanan yang kamu promosikan haruslah sejalan dengan niche yang kamu pilih.
Kalau kamu menyukai konten digital, kamu bisa mempromosikan produk seperti e-books atau software. Beberapa perusahaan yang mungkin kamu bisa jajaki antara lain Amazon, IDwebhost, dan sebagainya.
Kalau kamu adalah tipikal pemasar yang menyukai platform seperti Google Adsense, cobalah menjajal jenis pay per click atau PPC. PPC adalah bentuk termudah dibanding jenis pemasaran lainnya.
Keuntungannya adalah kamu tak perlu melakukan usaha yang lebih untuk melakukan pemasaran. Kamu cukup berusaha menaikkan traffic ke website-mu karena PPC menghitung berapa jumlah pengunjung yang mengeklik pada situs tertarget.

       Bergabung Dengan Program Affiliate Marketing
Karena tujuanmu adalah mencari uang di internet dengan program afiliasi, maka langkah penting yang harus kamu lakukan adalah bergabung dengan sebuah program afiliasi. Untuk itu, kamu harus membangun lebih dulu reputasimu, contohnya dengan membangun website dengan pengunjung yang besar.
Afiliasi akan membantumu dalam meningkatkan kemampuan dan juga meningkatkan traffic di website-mu. Dengan reputasi yang bagus, kamu akan lebih mudah bertemu dan bekerja sama dengan para affiliate lainnya.
Untuk bisa berhubungan dengan para affiliate, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti: mengirimi email kepada blogger atau pemasar online lainnya, dan mengajak mereka untuk saling memasarkan produk kalian.
Kamu bisa mencarinya dengan bergabung pada program afiliasi yang sudah eksis, seperti bergabung dengan program afiliasi IDwebhost, dan membangun jaringan yang saling menguntungkan di sana.

       Mendorong Traffic ke Program Afiliasi Milikmu
Setelah membangun reputasi yang bagus berupa website yang ramai oleh pengunjung, kamu harus mengarahkan lalu lintas pengunjung ke program affiliasi milikmu. Untuk mendapatkan pengunjung, kamu bisa menggunakan beberapa strategi.
Namun, cara yang umum untuk dilakukan adalah dengan mengirimi email secara berkala kepada pengunjung website-mu, dan mengundang mereka untuk bergabung dengan program afiliasi yang kamu pilih.

Mengembangkan Bisnis Program Afiliasi

Sekarang saatnya kamu mengembangkan program afiliasi yang kamu jalankan. Tanpa dikembangkan lebih lanjut, kamu tidak akan mendapat hasil yang memuaskan dari bisnis program afiliasi. Nah, beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain:

       Belajar dari Affiliate Lain
Salah satu cara cepat dan mudah untuk meningkatkan skill di bidang program afiliasi adalah bergabung dengan grup komunitas affiliate yang banyak tersebar di internet. Kamu bisa mendapatkan banyak ilmu baru dari para marketer yang sudah ahli di bidang program afiliasi.

Program Afiliasi ID Webhost


       Membangun Relasi yang Baik
Untuk bisa berhasil mendapatkan uang di internet dengan program afiliasi, diperlukan kerja keras dan kesabaran. Affiliate marketing bukan hanya bagaimana mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi website-mu, tetapi juga menjalin relasi jangka panjang dengan sesama pelaku program afiliasi.
Sebagai seorang pemasar yang baik, kamu harus bisa melanjutkan hubungan baik dengan pelaku program afiliasi lainnya.

       Menarik Pengunjung Tertarget
Untuk mendapatkan uang dari program afiliasi, kamu tak cukup hanya fokus pada besarnya jumlah pengunjung di website-mu. Untuk bisa mendapatkan uang di internet dengan program afiliasi, kamu juga harus memastikan bahwa mereka mengeklik link affiliasi mu. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain adalah:

       Paid Advertising
Cara ini membutuhkan kombinasi dari teknik copywriting, grafis yang bagus, dan tautan yang menarik. Paid advertising akan membantu kamu mendapatkan uang di internet dengan program afiliasi, terlepas pengunjung membeli produk atau tidak. Contoh dari paid advertising ini adalah Google Adsense.

       Free Advertising
Metode ini adalah menempatkan link iklan di platform bebas, seperti Craigslist. Kamu akan mendapatkan penghasilan dari jumlah klik yang kamu dapat.

       Article Marketing
Cara ini bekerja dengan menjadikan artikel yang dipublish di website-mu merupakan artikel yang berkualitas. Dengan konten yang original dan bagus, website-mu akan memiliki ranking yang tinggi di mesin pencari, sehingga berpotensi meningkatkan traffic ke website-mu.

       Email Marketing
Dengan metode ini, kamu selaku pemasar akan memberikan opsi berlangganan email kepada pengunjung website-mu. Hal ini memungkinkanmu mengetahui nama dan alamat email pengunjung situsmu, dan juga berguna untuk membangun hubungan yang panjang antara kamu dan pengunjungmu.

       Utamakan Kualitas
Memiliki jaringan afiliasi yang luas tak serta merta akan memudahkanmu mendapatkan penghasilan dari program afiliasi secara cepat. Ingatlah, untuk berhasil dalam mendapatkan uang di internet dengan program afiliasi membutuhkan kerja keras dan kesabaran.
Para ahli berpendapat, kunci sukses dari program afiliasi adalah menemukan afiliasi yang tepat dan mendorong peningkatan pengunjung platform Anda. Namun dari itu semua, kualitas konten menjadi kunci bila kamu ingin mendapatkan penghasilan dari program afiliasi.
Itulah tadi beragam tips dan cara untuk kamu yang ingin mengetahui apa itu affiliate marketing dan bagaimana cara mendapatkan uang di internet dengan program afiliasi.
IDwebhost memiliki program afiliasi untuk kamu. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung program afiliasi IDwebhost. Tunggu apa lagi? Segera daftar di sini!

***

0 comments:

Post a Comment