Navigation Menu

Tetap Nyaman Saat Bekerja dari Rumah Bersama iCreate.id


“Makan dulu, sayang. Sudah siang.”

Kalau sudah asyik bekerja, saya memang sering lupa makan. Untung saja ada istri tercinta yang tak bosan mengingatkan. Kalau tidak ada dia, cacing di perut pasti sudah berteriak kelaparan.


*** 

Enam bulan terakhir memang penuh tantangan. Sejak pandemi Covid-19 meluas, saya punya kebiasaan baru: bekerja dari rumah. Kantor saya menempuh kebijakan work from home (WFH) bagi sebagian besar karyawannya, termasuk saya. Di sinilah tantangan bermula. 

Jika kalian berpikir kerja dari rumah itu santai, kalian salah besar. Justru malah sebaliknya. Saat bekerja di kantor, ada yang namanya “jam pulang kantor”. Namun ketika bekerja dari rumah, tidak ada yang namanya “jam pulang rumah”.

Analogi di atas benar-benar saya alami. Gara-gara tidak ada pembatas yang jelas antara jam kerja dan istirahat, tugas dan pekerjaan seakan tidak ada habisnya. Tidak jarang pula bos memberi tugas malam-malam. Jangankan tengah pekan, akhir pekan pun terkadang saya mesti tetap bekerja.

Undangan rapat juga seakan tidak ada habisnya. Kalian yang berprofesi sebagai karyawan kantoran juga pasti merasakannya. Sejak virtual meeting jadi booming akibat pembatasan sosial, segala hal dibahas lewat rapat virtual. Dalam sehari, saya bisa mengikuti empat hingga lima kali rapat.

  
Meski menantang, situasi ini tetap saya jalani dengan sabar. Alhasil, saya jadi lebih produktif ketika bekerja dari rumah. Daftar pekerjaan yang saya tuntaskan lebih banyak ketimbang bekerja dari kantor. Bonusnya, saya tidak perlu pakai kemeja dan sepatu saat bekerja di rumah. Lebih plong.

Bagi saya, tidak masalah bekerja dari rumah meskipun tantangannya lebih berat. Kita yang masih diberi kesempatan bekerja semestinya bersyukur. Banyak saudara kita di luar sana bernasib malang lantaran di-PHK atau dirumahkan tanpa gaji gara-gara pandemi korona. Kita yang masih terima gaji setiap bulan seharusnya bisa menunjukkan rasa syukur dengan bekerja sebaik-baiknya.

Nah, salah satu bentuk rasa syukur saya kepada Tuhan adalah dengan berbagi ilmu. Kebetulan, saya memang hobi menulis. Pada akhir pekan, selepas terbebas dari padatnya rutinitas, saya sering memanfaatkan waktu luang untuk mengajar cara menulis.

Dalam enam bulan terakhir, alhamdulillah, ada tiga penyelenggara yang meminang saya sebagai narasumber. Seluruh kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara daring melalui bantuan aplikasi rapat virtual. Dan, tentu saja itu semua saya lakoni dari rumah. Dari meja kerja saya.


Kalau kita berpikir sejenak, pandemi Covid-19 memang tidak menyenangkan. Kita mesti mengurangi intensitas bepergian atau keluar rumah. Belum lagi, kalau terpaksa keluar rumah, kita wajib mengenakan masker dan membawa hand sanitizer.

Tapi kalau kita berkenan mengubah sudut pandang, korona juga mengajarkan kita banyak hal positif. Kita bisa melakukan banyak hal produktif dari rumah. Saya, misalnya. Tidak hanya bekerja dari rumah, saya juga bisa mengajar ilmu kepenulisan kepada belasan, bahkan puluhan orang, dengan bermodal gawai dan kuota.

Yah, hitung-hitung tambah amal. Sebab ilmu akan menjadi ladang pahala bagi orang yang tidak segan mengajarkan. Tidak ada salahnya, bukan?

Tetap Nyaman Selama Bekerja di Rumah

Nah, supaya tetap aktif, produktif, dan nyaman saat bekerja dari rumah, kita juga perlu memperhatikan beberapa hal. Karena bekerja dari rumah adalah suatu kebiasaan baru. Sehingga perlu dipersiapkan dengan matang bila tidak ingin keteteran.

Bagi saya, ada empat hal yang perlu kita perhatikan selama bekerja dari rumah. Pertama, menetapkan agenda. Dari sekian banyak pekerjaan kita harus berani menyusun agenda kerja.

Tujuannya apa? Supaya tidak lupa. Terkadang tanpa agenda kerja, ada saja satu-dua tugas yang lupa kita kerjakan. Asyik mengerjakan tugas yang ini, eh, malah lupa mengerjakan tugas yang itu. Imbasnya, kita malah kena omel atasan. Jadi, jangan malas membuat daftar pekerjaan kalau tidak ingin terserang risiko lupa.

Kedua, buat skala prioritas. Dari sekian banyak daftar pekerjaan yang sudah kalian susun, pilih dan pilah mana yang paling penting. Kerjakanlah satu demi satu berdasarkan urutan prioritas.

Dengan menyusun skala prioritas, proses kerja akan lebih fokus dan terarah. Kita jadi tahu persis, pekerjaan mana yang mesti dituntaskan, tugas mana yang perlu didelegasikan. Terkadang, kita terpaksa lembur bukan karena banyak tugas, melainkan karena tidak paham tugas mana yang mesti dikerjakan lebih dulu.


Ketiga, jaga kesehatan. Ini penting. Jangan seperti saya yang sering lupa makan karena keasyikan bekerja. Ingat, ketika bekerja dari rumah, aktivitas fisik akan jauh berkurang ketimbang bekerja dari kantor.

Saat bekerja dari kantor, paling tidak kita akan berjalan kaki, sejak turun kendaraan menuju meja kerja. Beda halnya ketika bekerja dari rumah. Bangun tidur sudah langsung mendekam di meja kerja. Jadi, jangan lupa sempatkan beraktivitas fisik selama bekerja dari rumah.

Terakhir, menata ruang kerja. Ini yang sering dilupakan orang. Apa sebab? Semula, rumah adalah tempat kita beristirahat. Sejak pandemi Covid-19 meluas, rumah bukan hanya tempat beristirahat, tetapi juga tempat bekerja.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk memiliki ruang dan peralatan kerja yang nyaman. Paling tidak, meja dan kursi kerja harus kita sesuaikan. Salah kursi bisa berakibat keram otot. Salah meja bisa rentan terjangkit pegal leher. Karena selama ini, kita memang tidak pernah menyiapkan rumah sebagai tempat untuk bekerja.

Untuk itu, kalian perlu furniture kantor yang mendukung aktivitas saat bekerja dari rumah. Atur dan tata ruang kerja sedemikian rupa, supaya kalian tetap nyaman dan betah ketika seharian bekerja dari rumah.

Omong-omong soal peralatan kerja, saya punya satu rekomendasi untuk kalian yang sedang mencari meja dan kursi kerja untuk bekerja dari rumah. Namanya iCreate.id. Di sini, kita bisa memilih beragam furniture online agar tetap merasa asyik dan nyaman selama bekerja dari rumah.

Penasaran seperti apa rupanya? Sabar. Tarik napas dalam-dalam. Jangan lupa ambil kopi dan camilan. Karena sesaat lagi, saya akan mengulas ragam pilihan furniture yang tersedia di iCreate.id. Kalau sudah, ayo kita mulai sekarang.

iCreate.id: Teman Setia Saat Bekerja di Rumah

iCreate.id adalah perusahaan penyedia furniture rumah dan kantoran yang punya beragam pilihan produk. Mulai dari sofa, kursi, meja, tempat penyimpanan, hingga aksesoris. Selain banyak pilihan, produk yang dijual di iCreate.id juga memiliki kualitas yang baik dan tahan lama.

Di iCreate.id, kalian tidak perlu repot-repot keluar rumah. Cukup buka website-nya di sini, kalian bisa memilih ragam produk sesuai kebutuhan kalian. Tinggal dipilih sesuai selera dan anggaran saja. Yang mana pun kalian pilih, dijamin tidak akan menyesal.

Jika kalian tipe orang yang sering penasaran dan tidak puas kalau hanya memilih barang dari website, kalian juga bisa mendatangi gerai iCreate.id di Pesona Square Depok. Tapi ingat, ketika keluar rumah, tetap jaga jarak dan patuhi selalu protokol kesehatan, ya!

Nah, seperti apa, sih produk furniture dari iCreate.id yang kalian butuhkan selama bekerja? Bagi saya, paling tidak ada tiga. Kursi kerja, meja kerja, dan sofa. Yuk kita simak satu per satu.

1. Kursi Kerja

Seperti yang sudah saya kemukakan di awal, iCreate.id punya beragam pilihan kursi kerja. Mulai dari yang biasa hingga yang super nyaman. Totalnya ada sembilan jenis. Tinggal kalian pilih saja sesuai selera dan kebutuhan. Mau yang pakai roda ada. Mau yang pakai kaki juga ada.

Tapi kalau menurut saya, jenis kursi kerja yang paling cocok untuk bekerja dari rumah ada tiga tipe. Pertama, Halstatt Kursi Kantor. Kedua, Hangzhou Staff Chair. Dan yang ketiga, Milstatt Manager Chair.

Soal harga jangan khawatir. Ketiga tipe kursi pilihan saya dijual dengan harga di bawah Rp1,4 juta. Murah, kan? Meski terjangkau, kualitas kursi kerja ini setara dengan kursi kerja yang sering kalian temui di kantor. Awetnya pasti bertahun-tahun.

Nah, daripada penasaran seperti apa bentuknya, lebih baik kalian lihat infografis di bawah ini.


Bagaimana? Keren, kan? Selain terjangkau dan tahan lama, iCreate.id juga punya satu keunggulan lagi yang sayang kalian lewatkan. Bagi kalian yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan Bandung, iCreate.id membebaskan ongkos kirim dan instalasi.

Asyik, kan? Tinggal klik langsung bisa kerja!

2. Meja Kerja

Yang tidak kalah penting saat bekerja dari rumah adalah meja kerja. Jika meja kerja terlalu pendek, maka leher kalian akan berisiko terserang pegal-pegal. Jadi, kita memerlukan meja kerja yang baik dan proporsional saat bekerja dari rumah.

iCreate.id juga punya deretan meja kerja yang apik. Total ada 15 tipe meja kerja yang bisa kalian pilih di situs resmi iCreate.id. Dari sekian banyak pilihan, manakah yang paling cocok untuk mendukung aktivitas kita selama bekerja dari rumah?

Sama seperti kursi kerja, saya punya tiga pilihan meja kerja favorit. Pertama, Gosausee Workstation. Kedua, Como Double Desk. Dan yang ketiga, Hillier Double Desk. Seluruhnya adalah meja kerja dengan kualitas nomor wahid dan tidak perlu diragukan lagi. Untuk lebih jelasnya, simak infografis di bawah ini.


Harganya juga tidak bikin kantong bolong. Semua pilihan meja kerja di atas dibanderol dengan harga di bawah Rp3,6 juta saja. Seperti halnya kursi kerja, iCreate.id juga menggratiskan ongkos kirim dan pasang bagi kalian yang bermukim di Jabodetabek dan Bandung.

Jadi, tunggu apa lagi?

3. Sofa

Lah, katanya kerja dari rumah? Kok, ada sofa? Eits, jangan salah. Setelah seharian bekerja kita juga butuh istirahat. Kita perlu selonjoran. Kita juga butuh meregangkan badan supaya tidak kaku dan pegal-pegal.

Inilah yang disebut dengan worklife balance. Waktu istirahat dan bekerja mesti seimbang. Dengan istirahat yang cukup, energi dan semangat kalian akan terisi kembali dan siap digunakan untuk menunaikan tugas dan pekerjaan dari rumah.

Untuk urusan leha-leha, iCreate.id memang jagonya. Ada banyak tipe sofa yang bisa kalian pilih ketika mengunjungi website iCreate.id. Total ada empat merk sofa yang bisa menemani waktu santai kalian selepas bekerja.

Dari keempat pilihan tersebut, jagoan saya ada tiga. Pertama, Amorinito Blue 1-Seater. Kedua, Amorinito Krem 1-Seater. Terakhir, Haiti Sofa 1-Seater. Masing-masing dijual dengan harga kurang dari Rp3 juta saja.

Penasaran bagaimana rupanya? Silakan pelototi infografis di bawah ini.


Keren, kan? Pasti sudah ga sabar, dong, ingin merasakan keempukan sofa dari iCreate.id. Daripada cuma mengkhayal, lebih baik kunjungi saja website resmi iCreate.id sekarang juga!

Mengapa Harus Berbelanja di iCreate.id?

Ada beberapa keunggulan yang bisa kalian menfaatkan ketika berbelanja di iCreate.id. Asal tahu saja, iCreate.id juga menyediakan cicilan 0%, lho! Bagi nasabah BCA, CIMB Niaga, ataupun Mandiri; kalian bisa memanfaatkan fitur cicilan 0% ketika berbelanja di iCreate.id.

Dengan cicilan 0%, pemenuhan kebutuhan meja dan kursi kerja di rumah sendiri akan menjadi lebih mudah dan tidak membebani anggaran. Dengan meja dan kursi kerja yang nyaman, kita bisa bekerja dengan lebih aktif dan produktif.


O ya, untuk kalian yang memesan secara online, di website iCreate.id juga disediakan fitur pelacakan barang. Ketika sudah membayar, kalian tinggal memasukkan nomor pesanan untuk melacak keberadaan pesanan. Cukup mainkan jari, lokasi barang sudah bisa diketahui. 

Selain bisa memesan melalui website, galeri iCreate.id juga tersedia di marketplace kesayangan kalian. Pas banget buat para pemburu diskonan. Seperti belum lama ini, iCreate.id memberi potongan harga dalam rangka promo "Waktu Indonesia Belanja" di Tokopedia.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk mengeluh saat bekerja dari rumah. Meski tantangan semakin berat, kita bisa tetap produktif ketika didukung ruang dan peralatan kerja yang nyaman. Untuk kebutuhan meja dan kursi selama bekerja dari rumah, percayakan saja pada iCreate.id! [Adhi]

 
*** 

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog yang diselenggarakan iCreate.id. Gambar bersumber dari dokumentasi pribadi dan website iCreate.id. Olah grafis dilakukan secara mandiri oleh penulis.

0 komentar: