Beranda

Navigation Menu

Bisnis Kian Cadas dengan Website Berkualitas


Website untuk Bisnis

Seperti halnya iman seseorang, bisnis juga mengalami periode pasang-surut. Bulan lalu gigit jari, bulan depan untung berkali-kali. Kondisi sebaliknya pun bisa saja terjadi. Hari ini kibas-kibas duit, besok-besok sudah terancam pailit.
Apabila iman berbisnis Anda lemah, janganlah coba-coba. Sebab tiada pebisnis yang tidak pernah merugi. Apalagi kalau enggan mengikuti perkembangan zaman. Bisa-bisa tergilas oleh ketatnya roda persaingan.
“Bisnis memang begitu, Pak. Kalau tidak mau gulung tikar, kami harus tetap kreatif dan berpikir jauh ke depan,” tutur Jonathan Lengkong saat saya mewawancarainya untuk keperluan tugas di kantor.
***
Jonathan adalah seorang pebisnis asal Bitung, Sulawesi Utara. Ia menggeluti usaha produksi sambal roa—sambal khas daerah Minahasa yang terbuat dari olahan cabai merah dan ikan roa asap.
Sambal roa merupakan sambal asli Bumi Nyiur Melambai. Warga lokal biasa menyantapnya bersama sajian ikan bakar, pisang goreng, atau tinutuan (bubur khas Manado). Rasanya nikmat, pedas, lagi memikat.
Berkat cita rasanya yang khas, tidak heran apabila sambal roa menjadi oleh-oleh yang paling dicari para pelancong ketika berwisata ke Sulawesi Utara.
Saya yang bekerja sebagai analis ekonomi, kala itu ditugaskan kantor untuk menggali informasi tentang kiat sukses berbisnis dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) unggulan daerah. Lantaran nama Jonathan cukup tenar di kalangan pebisnis lokal, saya pun memilihnya sebagai narasumber.
Harapannya, kisah suka maupun duka perjalanan bisnis sambal roa Jonathan bisa dibagikan kepada pebisnis lokal lainnya dalam acara pelatihan dan pengembangan kapasitas pelaku UMKM yang rutin diselenggarakan oleh kantor saya.
Seperti kebanyakan bisnis lainnya, Jonathan memulai usahanya dengan susah-payah. Pada awalnya, Jonathan menggeluti bisnis ikan hias. Karena sifatnya musiman, usahanya tidak memiliki umur yang panjang. Bisnis ikan hias karam, ia pun terpaksa putar otak untuk menyambung denyut kehidupan.
“Karena tinggal di Bitung—daerah pelabuhan dan penangkapan ikan laut—saya pun melihat peluang bisnis sambal roa, Pak,” kata Jonathan. “Akhirnya, ya, saya jalani sampai sekarang.”
Jonathan memang jeli melihat peluang. Sambal roa yang biasanya hanya digunakan sebagai pelengkap kudapan di rumah makan atau restoran, ia kemas dalam tampilan yang cantik dan menarik.
Nuansanya menjadi sangat elegan, derajatnya pun meningkat tajam. Tidak heran, sebotol sambal roa milik Jonathan dibanderol hingga Rp 70 ribu. Kalau Anda penasaran seperti apa rupanya, silakan tilik gambar berikut.

Bisnis Sambal Roa

Target pasar Jonathan memang bukan warga lokal. Ia menyasar pelanggan dari kalangan wisatawan. Beberapa waktu lalu, produk Jonathan bahkan sanggup menembus pasar mancanegara hingga ke Amerika Serikat (AS).
Hanya saja, Jonathan mengaku belum bisa menggarap potensi dan peluang pasar secara optimal. Beberapa kali ia harus melepas peluang dari calon pelanggan di luar negeri dan kota-kota besar lantaran bisnisnya belum go online.
“Sejauh ini, saya memang hanya memajang foto produk di Facebook saja, Pak. Dulu, pernah ada calon pelanggan dari luar negeri yang menanyakan website. Saya jawab tidak punya. Akhirnya, transaksi pun gagal terjadi,” ujar Jonathan.
Meskipun hingga saat ini bisnis sambal roanya baik-baik saja, Jonathan tidak boleh lengah lagi. Ia tahu bahwa untuk menghadapi ketatnya persaingan pada era digital, dirinya mesti berpikir tiga langkah ke depan.
Kini, ia tengah belajar dengan gigih bagaimana mengoptimasi bisnisnya melalui website. Ia berharap, dalam waktu dekat calon pelanggan dan konsumen setianya bisa menemuinya tidak hanya dari layar WA dan media sosial saja, tetapi juga lewat website.

Peran Website Bagi Perkembangan Bisnis
Kebutuhan Jonathan akan website memang tak bisa ditunda-tunda lagi. Pasalnya, saat ini kita telah memasuki era revolusi industri 4.0. Sebuah masa ketika internet dan teknologi digital menjadi fondasi setiap bidang kehidupan, termasuk bisnis skala UMKM seperti yang dilakoni Jonathan.
Sejak mesin pencari (search engine) berbasis internet mulai dikenal pada 1993, website seolah menjadi media yang wajib dimiliki oleh pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Faktanya, website memang menjadi sumber informasi bagi setiap orang untuk mencari apa saja.

Fakta tentang Website

Mengutip artikel milik HostingFacts bertajuk Internet Stats & Facts for 2019, ada lebih dari 1,94 miliar website di seluruh dunia pada akhir 2018. Rata-rata, ada sekitar 4 juta blog yang diterbitkan (blogpost) di internet setiap harinya. Sementara itu, ada lebih dari 5 juta pencarian internet per hari yang dilakukan dengan menggunakan Google.
Maka, tidak heran apabila pebisnis yang ingin mendongkrak penjualan atau bertahan di dunia persaingan digital yang super ketat, kemudian berlomba-lomba untuk membuat website. Tentu saja, alasan utamanya hanya satu: agar dunia mengetahui keberadaan bisnismu.
Lantas, apa yang menyebabkan website begitu penting bagi perkembangan bisnis? Setidaknya ada tiga hal. Mari kita kupas satu per satu.

1. Memperluas Peluang Pasar
Pada zaman digital seperti sekarang ini, pelaku bisnis yang ingin memperluas pasar harus go online. Sebab Anda akan menemui keterbatasan pada skala tertentu apabila hanya mengandalkan offline marketing saja.
Analoginya seperti ini. Katakanlah Anda seorang pedagang smartphone. Ketimbang menjajakannya dari mulut ke mulut (mouth-to-mouth), pintu ke pintu (door-to-door), atau hanya duduk manis di toko sembari menunggu pelanggan saja, tentu peluang bertemu pembeli akan lebih besar bila Anda memasarkannya lewat internet.
Entah itu melalui pesan berantai (blast), mengepos iklan di media sosial, mendaftar di online marketplace, atau membuat website khusus mengenai toko Anda. Selain murah, daya penyebaran informasi mengenai bisnis Anda juga akan semakin cepat. Alhasil, peluang pasar pun akan terbuka lebar-lebar.

Website Perluas Pasar

Dibanding media pemasaran lainnya, website memiliki satu keunggulan khusus yang tidak dimiliki media sosial. Melalui website, Anda tidak perlu mengepos berkali-kali seperti halnya di media sosial.
Cukup fokus pada kualitas tampilan dan loading page yang cepat, siapa pun bisa mengenal bisnis Anda dengan cepat dan mudah.

2. Media Promosi Digital Terbaik
Sebagai salah satu media digital, website memegang peran kunci untuk mempromosikan produk bisnis lewat jaringan internet. Di website, segala informasi penting yang ingin Anda tampilkan di mata pelanggan bisa ditampilkan dalam satu domain saja.
Dari sisi pelanggan, website memberikan pengalaman terbaik ketika mereka ingin mengetahui produk dan latar belakang bisnis Anda secara lebih detail. Tinggal klik saja, segala informasi yang pelanggan butuhkan segera tersaji di depan mata.

Website Sebagai Media Promosi

Dua kemudahan yang ditawarkan website di atas, nyatanya memang memberikan dampak yang luar biasa bagi upaya promosi yang dilakukan pebisnis ber-website.
Masih bersumber dari HostingFacts, total nilai penjualan ritel di seluruh dunia yang berasal dari internet pada 2018 mencapai 2,84 triliun Dolar AS. Ke depan, trennya akan semakin melonjak. Pada 2019, nilai penjualan diproyeksikan akan meningkat 21% menjadi 3,45 triliun Dolar AS!
Fakta menarik di atas, tentu sudah cukup jelas untuk membuktikan bahwa website adalah media promosi digital terbaik bagi perkembangan bisnis Anda.

3. Jalin Komunikasi dengan Pelanggan
Poovalingam dan Veerasamy (2007) dalam sebuah penelitian bertajuk The Impact of Communication on Customer Relationship Marketing, mengungkapkan bahwa membangun komunikasi yang baik dapat menjaga loyalitas pelanggan. Ketika merasa diperhatikan, maka emosionalitas pelanggan terhadap suatu produk atau jasa akan semakin terjalin erat.
Pada era digital, salah satu media perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggan adalah website. Oleh karena itu, selain menampilkan desain website yang nyaman di mata pelanggan, tidak sedikit perusahaan yang membuka jalur komunikasi dua arah melalui website.

Website Sarana Komunikasi

Surel, video call, atau instant message services adalah beberapa teknologi komunikasi yang umum dilekatkan pada website. Melalui teknologi tersebut, perusahaan dapat berkomunikasi secara langsung dengan para pelanggannya.
Berkat website, pelanggan juga menjadi tahu ke mana harus mengadu bilamana hendak mengajukan komplain, kritik, maupun saran. Dari mata pebisnis atau pemilik perusahaan, segala masukan dari pelanggan akan menjadi catatan yang sangat berarti untuk pengembangan atau perbaikan produk di masa depan.

Pentingnya Memiliki Website Berkualitas
Dari ketiga poin di atas, kita telah mengetahui betapa pentingnya keberadaan website untuk mengembangkan bisnis. Hanya saja, seperti halnya Jonathan, tidak semua pebisnis—terutama pelaku UMKM—paham bagaimana cara membuat website yang baik dan berkualitas.
Sebentar. Bukankah cukup dengan memiliki website saja? Perlukah kita belajar keras bagaimana cara membuat desain dan konten website yang berkualitas? Well, jawabannya tentu saja!
Website yang dibangun secara asal-asalan akan berdampak buruk bagi citra bisnis Anda. Perlu disadari, sebagian besar orang menilai dari apa yang mereka lihat. Sebaik apa pun produk yang Anda miliki, ketika tampilan website-nya berantakan, maka jangan berharap penjualan akan melesat tajam.
Kalau tidak percaya, sekarang coba perhatikan gambar di bawah ini. Berdasarkan desainnya, kira-kira tampilan website mana yang membuat Anda lebih tertarik untuk berbelanja?

Desain Website Berpengaruh

Saya yakin dan percaya, jawaban Anda pasti gambar B. Benar, kan?
Nah, mengingat tampilan website begitu penting di mata pelanggan, pebisnis pun harus peduli dengan hal ini. Namun demikian, kita pun tidak bisa memungkiri bahwa tidak setiap pelaku usaha tahu bagaimana cara membuat tampilan website yang menarik.
Terutama pada bisnis rumahan atau skala kecil, membuat website yang ciamik bisa jadi akan menguras pikiran, tenaga, dan anggaran. Sebab mereka harus memiliki tenaga kerja yang paham mengenai coding atau desain grafis.
Lantas, kalau kondisinya seperti itu, bagaimana UMKM bisa berkembang? Sabar. Pelan-pelan. Tenang saja. Asal mau sedikit putar otak, semua ada solusinya.
Bagi Anda pebisnis pemula yang ingin mengembangkan sayap, saya beri satu kabar gembira. Untuk memiliki website yang apik, Anda tidak perlu bersusah-payah belajar bahasa pemrograman. Cukup hubungi Grapiku, segala kebutuhan Anda tentang website akan segera terpenuhi.
Penasaran apa itu Grapiku? Makanya jangan buru-buru pindah laman. Dalam beberapa alinea ke depan, Anda bisa membaca ulasan lengkap mengenai Grapiku.

Grapiku Solusi Kebutuhan Websitemu
Grapiku adalah agensi pengembang brand dan website yang siap membantu bisnismu terbang tinggi pada era digital. Singkatnya, Anda bisa memosisikan Grapiku sebagai mitra komunikasi visual dan pemasaran bisnis yang dapat diandalkan.
Saat ini Grapiku memiliki tiga jenis layanan. Ada desain branding, desain website, dan desain ilustrasi. Seluruhnya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Mau buat logo ada, butuh gambar ilustrasi pun bisa. Semuanya tersedia dan tinggal pesan saja.
Supaya lebih jelas, cermati infografis berikut ini.

Grapiku Jasa Pembuatan Website Berkualitas

Dari ketiga jenis layanan di atas, ada satu yang paling menarik. Ya, apalagi kalau bukan jasa pembuatan website berkualitas?
Bersama Grapiku, Anda dapat membuat website yang apik, elegan, profesional, berkelas, berdaya saing, dan yang terpenting, bekerja efektif untuk pemasaran bisnis Anda. Alhasil, pelanggan berdatangan, bisnis pun makin cuan!
Lantas, apa saja keunggulan Grapiku sehingga Anda layak memercayakan pembuatan website di sana? Well, sebenarnya ada banyak. Akan tetapi, supaya lebih mudah, saya akan meringkasnya menjadi enam poin saja. Ayo kita simak satu per satu.

1. Desain yang Ciamik, Sesuai Profil Bisnis Anda
Lantaran digawangi oleh para desainer grafis nan kreatif, Grapiku memberikan jaminan tampilan desain yang ciamik bagi website Anda. Singkatnya, Anda tinggal bilang mau website seperti apa, Grapiku akan membuatnya persis seperti yang Anda minta.
Detail menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh Grapiku. Baik dari pilihan warna, ikon, vektor, foto, infografis, hingga gambar bergerak (motion graphics). Sebab setiap gambar punya arti, masing-masing warna memberikan kesan yang berbeda.
Dengan daya imajinasi dan kreativitas tanpa batas, hasil website buatan Grapiku benar-benar mencerminkan karakter yang sesuai dengan bisnis Anda. Selain itu, setiap website yang dibuat Grapiku bersifat customs. Artinya, tidak akan ada website lain yang serupa dengan milik Anda.
Agar menjadi referensi bagi Anda, silakan tilik beberapa contoh desain yang saya kutip dari website Grapiku di bawah ini.

Contoh Website Grapiku

Untuk menambah kenyamanan pelanggan, tampilan yang ciamik seperti gambar di atas tidak hanya bisa Anda nikmati melalui laptop atau komputer saja. Grapiku juga akan membuat tampilan versi mobile yang tetap sesuai dengan nuansa website Anda.
Apabila di kemudian hari ingin menambahkan konten pada website, Anda tidak perlu khawatir. Sebab Grapiku juga telah menyediakan menu editor bagi Anda untuk mengembangkan konten website secara mudah dan cepat.

2. Jaminan Performa Menawan
Sweor dalam sebuah artikel berjudul 27 Eye-Opening Website Statistics: Is Your Website Costing You Clients? menyebutkan bahwa 47% pengunjung website menginginkan waktu loading page paling lama hanya sekitar 2 detik saja. Lebih dari itu, mereka akan berpaling ke lain laman.
Grapiku sangat paham dengan uraian statistik di atas. Ketika Anda memercayakan pembuatan website kepada Grapiku, database dan konfigurasi cache akan dioptimasi sehingga menghasilkan loading page yang cepat dan responsif. Asal ada kuota data, pelanggan tidak butuh waktu lama untuk membuka website Anda.

Performa Website

Dari sisi pemeringkatan di mesin pencari, Grapiku juga akan mengoptimasi website Anda sehingga muncul di halaman pertama Google. Saat membangun website, Grapiku akan meriset dan menganalisis kata kunci, serta menulis konten dengan kode terstruktur. Sehingga website Anda benar-benar bekerja dan memiliki daya saing yang tinggi.
Dampaknya, calon pelanggan akan menjumpai website Anda dengan cepat dan mudah. Alhasil, potensi penjualan akan melesat lebih tinggi.
Untuk mengukur dan menganalisis bagaimana performa website Anda bekerja, Grapiku juga akan memberikan modul monitoring melalui Google Analytics dan Google Webmasters tools. Dari data yang tersaji di sana, Anda pun bisa menentukan strategi yang paling tepat untuk pengembangan bisnis Anda.

3. Proteksi Tingkat Tinggi
Keamanan adalah hal terpenting bagi keberlangsungan website. Karenanya, Grapiku sangat peduli akan hal ini.
Selain desain menarik dan performa ciamik, Grapiku juga akan memberikan proteksi bagi website Anda sehingga aman dari ancaman para peretas. Dengan rancangan back-end yang stabil dan kuat, celah penyusupan akan dipersempit dan diminimalkan.

Website Aman

Selain itu, Grapiku juga memastikan agar sistem yang bekerja pada website Anda di-update secara berkala. Website akan lebih aman dan dapat diandalkan. Dengan begitu, bisnis Anda akan bekerja selama 24 jam penuh tanpa henti.

4. Dukungan 24 Jam Penuh
Customer services Grapiku akan siap membantu kapan pun Anda butuhkan. Sebab layanan mereka standby selama 24 jam penuh. Apabila di kemudian hari Anda menemukan kendala teknis pada website atau sekadar ingin berkonsultasi, Grapiku dengan senang hati akan membantu.

Dukungan Website

Selain layanan pelanggan tanpa henti, Grapiku juga memberi Anda dukungan tambahan berupa e-book mengenai pengelolaan website secara mandiri. Bagi Anda yang berada di wilayah Klaten dan sekitarnya, Grapiku juga siap diajak berkonsultasi empat mata.
Website aman, hati pun terasa nyaman.

5. Harga Kompetitif
Tidak punya banyak dana untuk mengembangkan website? Tenang saja. Grapiku akan memberi harga yang kompetitif dan menyesuaikan dengan bujet yang Anda miliki.

Harga Kompetitif

Segera ambil telepon, kirim surel, atau buka website Grapiku. Diskusikanlah kebutuhan website Anda dengan kru Grapiku yang siap membantu. Grapiku akan siap memberi harga penawaran yang cocok sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

6. Prestasi Memberi Bukti
Salah satu cara untuk mengukur seberapa berkualitasnya sebuah perusahaan adalah dengan melihat prestasinya. Grapiku pun tidak berbeda. Anda bisa lihat dari pencapaian yang sudah diraihnya.

Grapiku Prestasi

Baru-baru ini, Grapiku berhasil meraih predikat website terbaik kategori UKM periode September 2018 pada ajang Indonesia Website Awards. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Exabytes Network Company ini bertujuan untuk mengapresiasi website yang memiliki performa tinggi, tampilan menarik, responsif, serta aksesibilitas tinggi.
Artinya, prestasi ini memberikan bukti bahwa Grapiku adalah mitra terbaik bagi Anda untuk membuat website. Dengan demikian, jangan pernah ragu untuk menghubungi Grapiku bilamana Anda membutuhkan jasa pembuatan website berkualitas.

Buka Mata Dunia dengan Website
Sesi wawancara saya dengan Jonathan Lengkong menghasilkan sebuah kesimpulan sarat makna. Sebagaimana teori siklus bisnis, suatu usaha mesti melakukan inovasi agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan.
Pada era digital, inovasi yang wajib dilakukan pebisnis adalah memiliki media yang terkoneksi dengan dunia maya dan dapat diakses oleh gawai mana saja. Salah satu media berbasis digital tersebut bernama website.
Dengan website, bisnis akan tetap bekerja ketika Anda terlelap. Melalui website, produk Anda akan dikenal oleh calon pelanggan tanpa dibatasi sekat wilayah, daerah, ataupun bangsa. Pesanan akan datang dari mana saja, potensi penjualan pun akan semakin terbuka.

Buka Mata dengan Grapiku

Dengan segala keunggulan yang dimiliki Grapiku, bisnis Anda pun bisa segera go online dengan website. Sebab Grapiku menghadirkan pelayanan terbaik yang membuat website semakin berkualitas, menarik, responsif, aman, serta dengan harga yang kompetitif.
Kini, Anda pun bisa fokus menghasilkan produk atau jasa terbaik bagi bisnis Anda. Sebab untuk urusan “membuka mata dunia”, sudah ada Grapiku yang menanganinya. Selamat mencoba! [Adhi]
***
Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Grapiku bertema Ayo Go Online dengan Website. Tautan artikel ini telah dibagikan pada akun Facebook dan Instagram milik penulis.
Seluruh sumber gambar yang ditampilkan dalam artikel ini telah dicantumkan pada masing-masing gambar. Sedangkan olah grafis dilakukan secara mandiri oleh penulis.

Referensi
[1] Grapiku.com
[2] HostingFacts.com, Internet Stats & Facts for 2019
[3] Sweor.com, 27 Eye-Opening Website Statistics: Is Your Website Costing You Clients?
[4] Poovalingam K. & Veerasamy D., The Impact of Communication on Customer Relationship Marketing among Cellular Service Providers

10 comments:

  1. Luar biasa sekali Mas tulisanya. Saya belajar banyak untuk totalitas dari setiap tulisan yang Masnya buat. Dan website itu penting sekali untuk mendukung suatu usaha agar lebih luas pemasarannya. Btw suskses selalu untuk setiap usahanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hanya ingin memberi yang terbaik, Mas. Hehehe. Saya yakin Mas Amir pun begitu.

      Terima kasih sudah mampir kemari. Salam hangat.

      Delete
  2. Aku suka sama infografisnya, Bang. Kerennnnnnn. Grapiku membantu banget yess apalagi untuk UMKM, mantabbbb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Bang. Berkat Grapiku, UMKM jadi bisa maju tanpa harus investasi banyak waktu. Terima kasih sudah mampir, Bang. Salam hangat.

      Delete
  3. Tulisan yang lengkap serta simple, simpel untuk dipahami walau panjang jumlah batisnya. Perlu belajar sama masnya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hanya ingin memberi yang terbaik pada juri, Mas. Hehe. Terima kasih sudah mampir. Salam hangat.

      Delete
  4. wuih udah 1 miliar lebih ya website di dunia... keren itu mah, alhamdulillah....

    ReplyDelete
  5. sudah lama nggak mampir ke blognya mas Nodi. Style tulisannya masih sama, renyah, lengkap dan tidak membosankan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung kembali, Mba. Salam hangat.

      Delete