Cara Cepat Membuat Blog Profesional dengan Hosting DomaiNesia


Cara Cepat Membuat Blog di DomaiNesia

Cara Membuat Blog – Beberapa hari yang lalu, seorang kawan bertanya kepada saya lewat akun Instagram, bagaimana cara cepat menjadi seorang blogger profesional? Well, jawabannya bisa jadi sangat tergantung dengan apa yang ia maksud dengan profesional.
Jikalau ia meyakini professional blogger adalah seseorang yang serius menulis di blog sehingga menggantungkan seluruh atau sebagian sumber pendapatannya dari sana, maka caranya hanya ada dua: memiliki blog pribadi dan mau mempelajari bagaimana cara blog bekerja. Itu saja.
Mungkin kalian bertanya, apakah tidak cukup dengan memiliki blog pribadi saja? Mengapa pula harus mengerti bagaimana cara blog bekerja? Alasannya sederhana.
Pada era digital seperti sekarang ini, saya yakin semua orang bisa mempelajari cara membuat blog dengan mudah. Tutorialnya tersedia di mana-mana. Penyedianya pun tidak hanya satu saja. Ada WordPress, Blogger, atau Medium yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat blog secara cuma-cuma.
Akan tetapi, itu baru blogger biasa. Kalau ingin menjadi profesional blogger, maka kalian juga mesti mau bersusah payah mempelajari bagaimana tata cara website atau blog bekerja. Yah, minimal paham mengenai domain dan hosting, sehingga mengerti apa manfaat keduanya bagi perkembangan blog kalian.
Oke. Mari kita jabarkan satu per satu.
Pertama, perihal domain atau alamat website. Nama domain yang berasal dari penyedia blog gratis pasti memiliki tambahan nama yang menunjukkan identitas situsnya sendiri. Contohnya “www(dot)nama(dot)blogspot(dot)com” pada Blogger atau “www(dot)nama(dot)wordpress(dot)com” pada WordPress.
Nama domain seperti contoh di atas akan menyulitkan pembaca dalam menghapal alamat website kalian. Alhasil, nilai keterbacaan blog (pageviews) yang kerap menjadi taruhannya.
Bandingkan bila kalian menggunakan top level domain (TLD). Embel-embel “blogspot” atau “wordpress” di ujung nama domain akan hilang. Contohnya seperti domain blog yang sedang kalian baca ini, yakni “www(dot)nodiharahap(dot)com”. Sudah pasti, pembaca lebih mudah mengingatnya dan gampang ditemukan di mesin pencari (search engine) seperti Google.
Kedua, mengenai hosting. Bagi yang masih asing dengan istilah hosting, jangan khawatir. Biar saya jelaskan terlebih dahulu.

Analogi Struktur Website

Bila diibaratkan dengan sebuah rumah, hosting layaknya lahan/petak tempat di mana rumah berdiri. Website berperan sebagai rumahnya, blog (artikel) merupakan perabotan/isi rumah, sedangkan domain berfungsi seperti alamat rumah.
Nah, untuk membangun website/blog yang berkualitas, maka hosting memegang peranan yang sangat penting. Mengapa? Karena salah memilih penyedia hosting, bisa-bisa blog kalian akan terjangkit penyakit akut: loading time lama.
Jujur saja, pasti kalian pernah mengalaminya. Ketika hendak singgah ke sebuah website, layar malah berputar-putar dan laman utama tidak kunjung menampakkan wujudnya, meskipun paket data sudah terisi penuh.
Nah, kondisi seperti ini bisa jadi karena website yang dituju tidak menggunakan hosting yang andal. Ketika itu terjadi pada blog kalian, maka hasilnya bisa diterka: pengunjung akan berpindah ke blog lain. Sedih!
Kalau sudah paham kedua hal tadi, tinggal satu pertanyaan yang tersisa. Bagaimana cara memiliki TLD yang didukung dengan hosting jempolan sekaligus?
Jawabannya sederhana. Gunakan saja paket hosting DomaiNesia. Hanya dengan tiga langkah mudah, maka kalian sudah bisa memiliki TLD dengan hosting terbaik dan siap menjadi blogger profesional.
Penasaran? Makanya jangan buru-buru pindah laman. Simak langkahnya dalam beberapa ratus kata ke depan.

Langkah Pertama: Pilih Paket Hosting WordPress DomaiNesia

DomaiNesia menyediakan Paket Hosting WordPress untuk kalian yang ingin memiliki blog profesional tanpa perlu berpikir panjang. Baik website, domain, dan hosting sudah digabung dalam satu paket. Selain lebih ringkas, Paket Hosting WordPress tentunya lebih murah dibandingkan dengan ketika kalian membelinya secara terpisah.
Paket Hosting WordPress dari DomaiNesia juga memiliki beragam fitur canggih. Pertama, fitur Instant Deploy, yang akan memastikan blog langsung bisa digunakan seketika setelah aktif. Dengan fitur ini, kalian tidak perlu repot-repot melakukan instalasi, sebab semuanya sudah diurus oleh DomaiNesia.
Kedua, WordPress Akselerator. Fitur ini berfungsi untuk mempersingkat waktu loading time website, sehingga memberikan pengalaman akses blog yang lebih cepat. Meski sedang dikunjungi banyak pembaca, website akan tetap terasa ringan.

Fitur Unggulan Hosting DomaiNesia

Ketiga, Monitor Keamanan. DomaiNesia memberikan perlindungan ekstra pada blog kalian dengan cara menyediakan update, anti-virus, anti-malware, serta menutup berbagai celah keamanan.
Keempat, Backup Harian Otomatis. Fitur ini berguna untuk mencegah risiko kehilangan data pada website. Bila kalian sebelumnya telah memiliki blog WordPress, maka DomaiNesia juga siap membantu memindahkan data lewat fitur yang kelima, yaitu Migrasi Situs Web.
Terakhir, Garansi Uang Kembali. Bila tidak puas, DomaiNesia akan memberikan garansi uang kembali 100% selama 10 hari. Nyaman, kan?

Langkah Kedua: Tentukan Paket Sesuai Kebutuhan
Ada empat Paket Hosting WordPress yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing paket memiliki kapasitas penyimpanan data yang berbeda-beda. Semakin besar ruang simpan, maka semakin banyak pula item yang dapat kalian tampilkan di blog kalian.
Ada Paket Super dengan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 2 Gigabyte (GB), yang dibanderol dengan harga Rp32.000 per bulan. Ada pula Paket Monster dengan kapasitas penyimpanan hingga 5 GB, yang dijual dengan harga Rp64.000 per bulan.
Bila keduanya tidak cukup, kalian bisa berlangganan Paket Mikro seharga Rp80.000 per bulan dengan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 6 GB. Selain itu, ada pula Paket Mega senilai Rp160.000 per bulan dengan kapasitas penyimpanan 12 GB.
Seluruh paket yang ditawarkan telah dilengkapi dengan unlimited bandwidth, website, email, akses SSH, dan domain. O ya, DomaiNesia juga memberikan pilihan waktu berlangganan yang cukup fleksibel. Mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja.
Menarik, bukan? Bila masih penasaran, silakan teliti kembali infografis di bawah ini.

Paket Hosting DomaiNesia


Langkah Ketiga: Bayar dan Tayang
Ketika sudah selesai menentukan nama domain dan waktu berlangganan, maka langkah terakhir adalah membayar. Untuk urusan yang satu ini, DomaiNesia menyediakan beragam metode pembayaran.
Kalian bisa transfer lewat Bank Mandiri, BCA, BNI, atau melalui kartu kredit berlogo Visa dan MasterCard. Metode pembayaran non-konvensional lainnya juga ada, seperti PayPal, Virtual Account, hingga membayar tunai di kasir Alfamart.
Sudah selesai urusan bayar membayar, maka tim teknis DomaiNesia akan segera menyiapkan blog kalian. Dari pengalaman saya berlangganan DomaiNesia, tidak sampai satu jam, blog WordPress sudah bisa kalian gunakan. Cepat, bukan?
Nah, kalau blog sudah bisa diutak-atik, maka langkah berikutnya adalah memilih tema blog. WordPress menyediakan berbagai template tema, baik gratis maupun berbayar, yang bisa kalian gunakan sesuai dengan niche blog yang akan dibangun.
Terakhir, kalau tampilan blog sudah ciamik, maka langkah selanjutnya adalah menyusun artikel yang menarik. Jujur saja, blog akan terasa hambar bila tidak ada tulisan yang memikat.
Sebab para blogger berpengalaman percaya dengan istilah “content is king”. Sebagus apa pun tampilan blog, kalau tidak didukung dengan konten yang baik, maka pembaca akan enggan berkunjung ke blog.
Maka, ketika kalian memutuskan berlangganan di DomaiNesia, kalian bisa lebih fokus menghasilkan karya terbaik. Sebab perkara teknis seperti hosting, domain, keamanan, hingga website, seluruhnya sudah diurus oleh DomaiNesia. Cita-cita menjadi professional blogger pun menjadi selangkah lebih cepat.
Jadi, bagaimana? Sudah tertarik berlangganan di DomaiNesia?[NH]

***

10 comments:

  1. Selama aku menggunakan Domainesia selalu puas dengan pelayanannya, Bang. Tanggap banget klo ada keluhan langsung di eksekusi, mantabbbb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini review jujur dari pelanggannya. Terima kasih sudah mampir, Bang. Salam hangat.

      Delete
  2. Alhamdulillah mas sudah 3 tahun ini mantap jadi full time blogger, tapi tetap gak bisa dibilang Professional Blogger karena memang ilmunya masih sangat jauh untuk hal tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Profesionalitas bukan diukur dengan ilmu, melainkan kerelaan dan kecintaan seseorang untuk melakukan apa yang menjadi tugasnya. Begitu juga dengan bloger. Tetap bersemangat!

      Delete
  3. Aku bersyukur...
    Tahun 2019 memulai blogging lagi dan bertemu dengan blogger keren yang membuatku mengenal domain & hosting dengan cepat.

    Seperti sekarang ini mengenal domainesia. Jadi, bisa tambah referensi.

    Terima kasih dan semangat berkarya melalui blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima kasih sudah mampir kemari, Mba. Salam hangat.

      Delete
  4. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete