Nongkrong Kece Anti Kere dengan Aplikasi Club Alacarte



Joni terkejut saat melihat deretan angka pada lembar tagihan yang baru saja ia terima. Ia tak menyangka harus membayar hampir 5 juta untuk santap malamnya kali ini. Batinnya pilu, menyaksikan 99 lembar biru di dompetnya berpindah haluan ke tangan pramusaji. Namun apa daya, untuk saat ini, ia kudu menyembunyikan kegalauannya rapat-rapat. Sebab, harga dirinya mesti tetap terangkat di depan Sang Pujaan Hati yang ingin dilamarnya sejak tadi.
***
Seperti Joni, setiap orang pasti memiliki momen spesial di dalam hidupnya. Biasanya, kita ingin saat-saat itu berjalan dengan mulus tanpa hambatan, sempurna tanpa harus menelan derita. Sebab momen yang dilalui Joni, pada umumnya, tidak akan terulang untuk yang kedua kali.
Namun sayang sekali, kawan saya yang satu itu mengaku sedikit kecewa saat melamar kekasihnya. Bukan karena ditolak. Malah sebaliknya, proposal yang diajukan lantas disambut baik oleh Dewi, kekasihnya.
Hanya saja, selepas mengucapkan janji setia, Joni harus mengencangkan ikat pinggang selama sebulan ke depan. Ia alpa mengecek daftar harga restoran bintang lima yang dipesannya malam itu. Ia hanya menelan mentah-mentah rekomendasi sepupunya yang belum lama ini mengadakan pesta ulang tahun di tempat yang sama.
Jika boleh jujur, sepupu Joni tidak salah. Sebab restoran yang direkomendasikannya memang oke. Suasananya nyaman dan lokasinya tepat berada di pusat keramaian ibukota. Hidangannya lezat, musik jazz yang dilantunkan pun terasa nikmat. Cocok untuk generasi milenial yang tengah dipadu asmara.
Sayangnya, Joni kurang cermat. Andai saja ia mengikuti program keanggotaan di restoran tersebut, maka sudah pasti ia akan diberi diskon yang menggiurkan. Lebih hemat dan tidak bikin kantong cekak.
Apa mau dikata, nasi telah menjadi bubur. Saya menamainya dengan istilah terjepit situasi dan kondisi (sikon). Mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan kondisi Joni pada saat itu. Kita pun pernah mengalaminya, bukan?


Jujur saja, saya pun pernah mengalami hal serupa. Meski bukan mutlak sama, namun pastinya sebelas-dua belas. Delapan tahun lalu, saya harus mentraktir kawan-kawan kampus karena baru diterima kerja. Gengsi, dong?
Pilihan lokasinya pun sudah bisa kalian terka: kafe kekinian dengan kopi sebagai minuman andalan. Gaji belum penuh, pengeluaran sudah berlebihan. Singkatnya, gaya-gayaan. Tiga minggu setelahnya, kantong menjerit dan saya pun terpaksa hidup irit. Alhasil, warteg menjadi satu-satunya pilihan saat perut melilit.
Lagi-lagi, andai saja saya memiki kartu diskon kafe tadi, maka bujet yang dikeluarkan untuk traktiran akan jauh lebih hemat. Tidak perlu terjepit sikon. Uang yang tersisa bisa saya gunakan untuk menyambung hidup tanpa harus kelewat bersahaja.
Tapi tunggu. Sejak tadi saya membahas tentang membership program atau discount card sebagai solusi kala terjepit sikon. Bukannya jadi repot kalau tiap nongkrong harus menjadi anggota restoran yang ini atau kafe yang itu? Lantas, bagaimana dengan iuran tahunannya? Kan, mahal?
Eits, kata siapa? Sudah pernah dengar Club Alacarte yang bisa menyatukan ratusan membership dengan satu aplikasi saja? Yang bisa melantaskan niat nongkrong kece tanpa harus menjadi kere? Jika belum, jangan buru-buru pindah laman. Yuk, saya perkenalkan.



Club Alacarte adalah program keanggotaan berbasis aplikasi terkemuka di Indonesia. Aplikasi besutan PT Media Digital Alacarte ini akan memberikan akses bagi kalian kepada ratusan penawaran menarik yang sedang dipromosikan oleh berbagai lifestyle merchant partners di Jabodatabek.
Mudahnya, dengan menjadi anggota Club Alacarte, kalian layaknya seorang premium member dari ratusan merchant top. Sehingga kalian tak perlu repot daftar sana-sini untuk mendapat promo menarik dari merchants. Cukup mengunduh aplikasi Club Alacarte dari Google Play atau App Store, pintu benefit ke berbagai pilihan merchant akan terbuka lebar-lebar. Untuk lebih jelasnya, silakan simak video di bawah ini.


Luasnya jaringan yang dimiliki Club Alacarte membuat aplikasi ini sangat menguntungkan. Jenis merchants yang bekerja sama dengan Club Alacarte juga sangat beragam, sehingga mampu menjawab kebutuhan gaya hidup di ibukota. Ada restoran, kafe, coffee shop, spa, beauty shop, gym, pet shop, barber shop, car wash, dentist, studio art, dan masih banyak lagi.
Dengan menjadi member Club Alacarte, kalian tidak perlu khawatir terjepit sikon lagi. Kini, santap malam bersama kekasih di Eastern Opulence menjadi lebih terjangkau. Merayakan ulang tahun bersama kawan sejawat di First Crack Coffee tidak akan membuat dompet teriak. Mau olahraga di Pilates Capital pun menjadi lebih terjangkau. Tinggal sebut saja, semuanya tersedia.



Sudah tertarik? Pastinya, dong! Kalau begitu, supaya lebih jelas, berikut akan saya ulas bagaimana menggunakan aplikasi Club Alacarte di smartphone kalian.




Menjadi member Club Alacarte semudah membalikkan telapak tangan. Ada tiga langkah sederhana yang perlu kalian lakukan.




Pertama, unduh aplikasi Club Alacarte di smartphone kalian. Pengguna Android dapat menemukannya di Google Play. Sedangkan penikmat Apple dapat menemuinya di App Store. Icon aplikasi Club Alacarte berwarna hitam legam dengan lambang Alacarte berkelir putih di bagian tengah. Jadi, jangan salah pilih, ya!
Setelah berhasil mengunduhnya, langkah selanjutnya adalah mengisi data diri. Buka aplikasi Club Alacarte, kemudian klik menu “Register”. Kalian akan diminta melengkapi data diri, yakni alamat surel, password, nama lengkap, tanggal lahir (opsional), dan jenis kelamin (opsional). O ya, bila mau lebih gampang, kalian juga bisa mendaftar dengan menggunakan akun Facebook.
Terakhir, konfirmasi. Aplikasi Club Alacarte akan mengirim 4 digit kode One Time Password (OTP) ke alamat surel. Segera cek inbox kalian, dan masukkan kode tersebut ke dalam aplikasi Club Alacarte. Bila tak mau repot-repot mengetik kode OTP, kalian juga bisa klik tombol “Confirm My Account” yang dikirim bersamaan dengan kode OTP pada surel kalian.
Nah, setelah langkah-langkah tersebut dilalui dengan benar, maka kini kalian sudah resmi menjadi free member Club Alacarte. Mudah, bukan?



Setelah resmi menjadi member Club Alacarte, kalian bebas memilih ratusan merchant partners yang tersedia pada aplikasi. Club Alacarte sendiri membagi kategori merchants menjadi dua jenis, yakni Dining dan Lifestyle & Retail.


Sesuai namanya, dining merupakan kumpulan premium merchants yang menawarkan berbagai produk dan jasa kuliner. Mulai dari restoran, kafe, coffee shop, bar, dan sejenisnya. Bar Gina, Blue Jasmine, Cliq Coffee & Kitchen, Hatchi, Gordi HQ, Stribe Kitchen & Coffee, dan Sekai Sushi adalah sebagian contoh merchants yang bekerja sama dengan Club Alacarte.
Sedangkan lifestyle & retail adalah kelompok merchants yang menyediakan produk dan jasa untuk memenuhi gaya hidup selain kuliner. Jenisnya pun bermacam-macam. Mulai dari perawatan tubuh, salon kecantikan, klinik gigi, veterinarian, hingga perawatan kendaraan. Pokoknya, lengkap tanpa cela!


Nah, yang menarik dari aplikasi Club Alacarte, kalian bisa memilih kategori merchants tadi dengan berbagai kriteria. Menu “Top Picks”, misalnya, akan menampilkan merchants yang sedang tren di kalangan masyarakat. Selain itu, ada pula menu “What’s New” yang akan menampangkan merchants terbaru. Cocok digunakan ketika sedang bosan dengan yang itu-itu saja.
Apabila ada penawaran unik yang sedang ditawarkan oleh merchants di bulan berjalan, maka kalian bisa mencarinya melalui menu “Monthly Special”. Atau jika kalian punya banyak waktu senggang untuk sekadar scrolling dengan jempol di layar smartphone, maka menu “All” menjadi pilihan yang paling tepat untuk menampilkan seluruh merchants yang bekerja sama dengan Club Alacarte.


Jujur, ketika menggunakan aplikasi Club Alacarte, banyak merchants yang namanya belum pernah saya dengar. Maklum, akhir-akhir ini saya sedang disibukkan dengan tugas di kantor, sehingga jarang nongkrong. Dari namanya, sebagian besar merchants memang unik-unik. Pertanyaannya, apakah merchant tersebut benar-benar worthed?
Tenang saja. Club Alacarte sangat paham dengan keterbatasan kita. Sama seperti imbauan yang biasa kita temui di toko barang pecah belah: “teliti sebelum membeli”. Saat klik salah satu menu merchant pada aplikasi Club Alacarte, maka detail merchant akan terpampang dengan jelas. Setidaknya ada lima informasi penting yang akan kalian temui.


Pertama, tersedia tombol tautan ke akun media sosial milik merchant. Pada umumnya Instagram dan Facebook. Bagi yang ingin menikmati fine dining, misalnya, informasi ini menjadi sangat penting. Sebab lewat Instagram, kita bisa melihat foto-foto makanan yang disajikan. Cocok atau tidaknya, tinggal kita yang tentukan.
Kedua, ada review yang bersifat independen. Merchants kelas top biasanya sering diulas di blog atau situs food critics. Nah, kita bisa membaca ulasan dari situs tersebut dengan menekan tombol berlambang huruf “R” pada aplikasi Club Alacarte.
Ketiga, tersedia nomor telepon dan alamat merchants yang terhubung langsung dengan aplikasi Google Map. Detail ini sangat membantu kita dalam mencari lokasi merchant yang dipilih. Kan, ga enak kalau sudah dandan rapi-rapi, tapi malah kesasar?
Keempat, ada katalog atau menu yang bisa kalian intip. Sebelum datang ke lokasi, kalian sudah bisa pilih-pilih menu. Sekalian menghitung-hitung estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Biaya nongkrong jadi lebih hemat dan terukur. Asyik, kan?
Terakhir, tentu saja ada informasi mengenai promo yang ditawarkan oleh merchants. Bisa kalian pilih-pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah, mengenai yang satu ini, selengkapnya bisa kalian baca di seksi selanjutnya.



Secara umum, ada tiga kategori promo yang ditawarkan oleh aplikasi Club Alacarte. Semuanya menguntungkan. Tinggal disesuaikan dengan minat dan kebutuhan kalian.


1.      Buy 1-Get-1
Melalui penawaran ini, kalian bisa mendapat tambahan 1 item gratis, ketika membeli 1 item di berbagai dining merchants. Singkatnya, beli 1 gratis 1, atau bayar 1 dapat 2. Dengan syarat, harga item gratisan haruslah setara atau lebih rendah dengan item yang dibeli. Lumayan, kan?
O ya, promo ini berlaku untuk setiap kunjungan yang melibatkan 2 orang atau lebih. Bila berduaan dengan pasangan, maka akan mendapat 1 item gratisan. Bila kumpul dengan 4 orang kawan, maka bisa memperoleh 2 item secara cuma-cuma. Bahkan, tatkala kalian mengajak serta teman-teman sekampung, ada 3 item gratisan yang bisa dinikmati beramai-ramai.
2.     % Off
Program diskon yang lazim kita temui. Dengan memilih penawaran ini, maka kalian bisa memperoleh potongan harga hingga 50% pada jasa tertentu yang ditawarkan oleh lifestyle merchants.
Meregangkan otot yang kaku di Musee Platinum Tokyo, misalnya, menjadi lebih murah dan terjangkau. Sama halnya ketika ingin mencuci mobil di Mastergloss. Mobil jadi kinclong, tanpa harus membuat kantong bolong.
3.     IDR Off
IDR Off memungkinkan kalian untuk mendapat potongan harga saat berbelanja dengan nominal minimum tertentu. Ini bisa kalian manfaatkan di berbagai retail merchants.
Katakanlah, kalian ingin membeli kemeja di The Cufflinks Store. Sebagai member aplikasi Club Alacarte, kalian akan mendapat potongan harga sebesar Rp600 ribu untuk setiap pembelanjaan senilai Rp2 juta. Lebih lanjut, kalian juga bisa menghemat hingga Rp900 ribu ketika tagihan belanja telah mencapai angka Rp3 juta. Beli murah dapat banyak. Menarik, bukan?



Pada titik ini, kalian sudah tahu bagaimana caranya menjadi member dan apa saja kemudahan yang ditawarkan oleh Club Alacarte. Sekarang, saya akan mengulas bagaimana cara menggunakan aplikasinya di merchant.


Pertama, pilihlah salah satu promo pada menu merchant di aplikasi Club Alacarte yang kalian miliki. Misalnya, saya memilih promo Buy-1-Get-1 untuk Any Appetizer di Blue Jasmine Restaurant. Klik tombol “Available” yang berada pada sisi kanan,  maka detail promo akan segera muncul di layar smartphone kalian. Termasuk estimasi biaya yang akan dihemat ketika memilih promo tersebut.
Setelah itu, klik tombol “Redeem” pada bagian bawah tampilan. Maka kalian akan diminta memasukkan 4 digit PIN yang sudah kalian daftarkan di awal masa pendaftaran. Pastikan kalian mengingat PIN-nya, ya! Bila lupa, maka kalian bisa mendaftarkannya kembali pada menu “Settings”.
Apabila telah memasukkan PIN dengan benar, maka tampilan di layar akan berubah. Inilah saatnya melakukan langkah ketiga, yaitu memasukkan PIN milik merchant di smartphone kalian. Mintalah pramusaji untuk memasukkan PIN merchant. Ketika seluruh tahapan sudah dilakukan dengan benar, maka kalian sudah bisa menikmati promo atau diskon sesuai pilihan.
O ya, bila kalian masih belum puas dan ingin memanfaatkan promo lainnya, maka kalian bisa mengulangi cara di atas. Simple, kan?


Nah, setiap melakukan redeem, kalian akan mendapatkan AlaPoints. Apa itu? AlaPoints adalah virtual currency Club Alacarte yang dapat kalian tukarkan dengan berbagai promo menarik lainnya. Contohnya, menggunakan kembali promo yang sudah kalian manfaatkan sebelumnya. Dengan menggunakan AlaPoints, maka promo Buy-1-Get-1 untuk Any Appetizer di Blue Jasmine Restaurant yang sebelumnya kita gunakan, bisa kita manfaatkan kembali kapan saja.
Hanya saja, AlaPoints baru bisa kalian manfaatkan tatkala sudah menjadi premium member, bukan free member. Oleh karena itu, selanjutnya saya akan mengulas tentang bagaimana menjadi premium member Club Alacarte.



Untuk menjadi premium member, kalian dapat masuk ke menu “Shop” yang ada pada laman utama. Ada 3 jenis premium member yang ditawarkan oleh Club Alacarte, sesuai dengan masa berlakunya. Mulai dari 1 bulan dengan biaya Rp49.000, 6 bulan dengan biaya Rp249.000, dan 12 bulan dengan iuran sebesar Rp399.000.
Saat selesai menentukan pilihan, klik tombol “Buy” yang terletak di sisi kanan menu. Tampilan akan berubah. Pada bagian ini, kalian juga bisa mendapatkan potongan biaya premium membership dengan memasukkan kode promo dan/atau referral. Klik tombol “Checkout” ketika sudah selesai.


Langkah terakhir adalah proses pembayaran. Ada dua metode pembayaran yang disediakan, yakni kartu kredit (berlogo Visa dan MasterCard) dan transfer bank. Untuk pilihan kedua, kalian tidak usah khawatir. Sebab ada banyak bank yang telah bekerja sama dengan Club Alacarte. Kalian bisa membayar melalui BCA, Mandiri, CIMB Niaga, Danamon, atau perbankan yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, Prima, dan Alto.



Nah, ini yang menarik. Club Alacarte tidak hanya menyediakan diskon ciamik, tetapi juga memberikan Samsung Galaxy S10 secara cuma-cuma bagi anggotanya. Wah, mantap! Caranya?


Ketika sudah menjadi member Club Alacarte, baik free member maupun premium member, kalian akan diberikan kode referral. Sebarkan kode ini ke teman-teman kalian. Semakin banyak kode referral kalian digunakan, maka kesempatan untuk mendapatkan smartphone canggih menjadi lebih besar. Tunggu apa lagi?



Bagi saya, aplikasi Club Alacarte merupakan solusi cerdas dalam memenuhi berbagai kebutuhan gaya hidup di ibukota. Dengan menjadi anggota Club Alacarte, banyak pundi-pundi yang bisa kalian hemat saat menikmati santap malam di restoran bintang lima. Kalian juga masih bisa menabung, meski agenda ngopi tetap berjalan setiap akhir pekan.
Sebab diskon dan promo yang diberikan Club Alacarte jauh dari kata sembarangan dan asal-asalan. Sebaliknya, berbagai manfaat yang disediakan sangatlah menguntungkan dan menggiurkan.
Ah, saya jadi berandai-andai. Kalau saja Joni sudah memasang aplikasi Club Alacarte di ponselnya sebelum ia melamar Dewi, pastilah ia tidak akan tersenyum kecut saat membayar tagihan santap malam. Seandainya delapan tahun lalu sudah ada aplikasi Club Alacarte, maka saya pun tidak perlu menahan lapar selepas mentraktir kawan-kawan.


Maka benarlah apa yang dikatakan Ayla Dimitri, beauty influencer dan selebgram terkenal asal Indonesia mengenai aplikasi Club Alacarte.
For those who likes to go out, this app gives you the flexibility and opportunity to save!
Kalau saya, mudah saja. Kita tetap bisa nongkrong-nongkrong kece tanpa takut menjadi kere dengan aplikasi Club Alacarte. Setuju, ente?[]
***
Artikel ini diikutsertakan dalam #AlaReview Blog Competition yang diselenggarakan oleh Club Alacarte.
Ikon, vektor, dan grafis bersumber dari koleksi pribadi, aplikasi Club Alacarte, media sosial merchants (dicantumkan langsung dalam gambar), serta situs langganan berbayar Envato Market, di mana penulis terdaftar sebagai anggotanya. Setiap gambar yang ditampilkan dalam artikel ini diolah secara mandiri oleh penulis. Sedangkan video bersumber dari YouTube channel Club Alacarte.
Tautan artikel ini telah disebarkan melalui akun media sosial penulis, yakni Instagram, Facebook, dan Twitter.

14 comments:

  1. Mantap bang! Bang buat grafis di blog itu gimana sih? Ada aplikasinya kah? Mau ikutan lomba blog, liat tips dari para pemenang dianjurkan ada grafisnya hehe. Mudah mudahan artikelnya juara lagi ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependek pengetahuan saya, cara membuat grafis ada tiga. Pertama, menggunakan situs penyedia desain grafis gratis seperti Canva. Kedua, ya, desain sendiri. Ketiga, kombinasi antara yang pertama dan kedua. Vektor, ikon, gambar, dan elemen lainnya didapatkan dari situs penyedia, baik secara gratis maupun berbayar. Semuanya disatukan dan diolah kembali secara mandiri.

      Kalau saya menggunakan cara yang ketiga. Olah grafis saya lakukan melalui Microsoft Power Point.

      Semoga bermanfaat ya, Kak. Terima kasih sudah mampir ke mari. Salam hangat.

      Delete
  2. aplikasi kekinian banget ini, tanpa takut bokek ketika pengen nongkrong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Kak! Ga perlu takut bosen juga karena ada lebih dari 600 merchants yang sudah bergabung.

      Terima kasih sudah mampir ke mari. Salam hangat.

      Delete
  3. Kece kali Om Nodi, mantap animasinya! Semoga bisa sama-sama juara :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Kak Cevan. Saya juga turut mendoakan supaya Kak Cevan juga sukses lombanya. Terima kasih sudah mampir kemari. Salam hangat.

      Delete
  4. Jadi lebih hemat ya Mas ya kalau pake alacarte ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mas. Hemat dan ga bikin kantong cekak. Terima kasih sudah mampir, Mas Amir. Salam hangat.

      Delete
  5. Replies
    1. Benar, Kak. Aplikasi Club Alacarte memang keren. Terima kasih sudah mampir kemari. Salam hangat.

      Delete
  6. Informatif sekali mas, mau tanya dong. Itu penawaran menguntungkan liat dmn ya? Saya udah download tapi belum nemu di mana... Ingin nongkrong buy 1 get 1 huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung dipilih pada menu merchants, Mba. Kalau pilih dining merchants, nanti ada pilihan mau redeem penawaran Buy-1-Get-1 yang mana.

      Semoga bermanfaat ya, Kak. Terima kasih sudah berkunjung kemari. Salam hangat.

      Delete
  7. Mau nanya lagi mas, kan kalau dapat Alapoints setelah redeems, bisa dipakai lagi promo Buy-1-Get-1? Itu ada ketentuan ga ya alapoints berjumlah brp atau dsb
    THX

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika ingin redeem, nanti ada keterangan jumlah AlaPoints yang akan didapatkan. Nah, AlaPoints itu bisa digunakan untuk memilih kembali promo yang sebelumnya pernah digunakan.

      Syarat untuk menggunakan AlaPoints adalah menjadi Premium Member, Mba. Tata cara menjadi Premium Member bisa dibaca di artikel ini atau klik menu "Shop" pada aplikasi Club Alacarte.

      Semoga membantu ya, Mba. Terima kasih dan salam hangat.

      Delete