Serunya Mendulang Rupiah pada Era Digital


Berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh perangkat teknologi seakan membuat dunia berputar dengan lebih cepat. Ya, selamat datang pada era digital! Sebuah era di mana setiap orang bisa memesan makanan lewat jempol, meeting dengan klien berjarak ribuan kilometer, atau shopping tanpa harus datang ke mall.
Segalanya begitu mudah dan cepat untuk dilakukan. Nyaris tanpa cela maupun hambatan.
Bagi saya dan kalian yang lahir pada tahun 1980-an, sebenarnya kita telah lahir pada era digital. Hanya saja, digitalisasi pada masa itu masih terbatas pada aspek pendidikan dan penelitian. Belum secanggih dan seluas zaman sekarang.
Adalah seorang pria bernama Henry Edward Roberts yang patut kita banggakan. Ia menciptakan personal computer (PC) pertama di dunia bernama Altair 8800 pada tahun 1975. Teknologi komputer besutannya menjadi jembatan bagi IBM, perusahaan teknologi asal Amerika, untuk memasarkan PC 5150 pertama kalinya kepada dunia pada tahun 1981.
Apalagi sejak internet mulai dikenalkan pada medio 1990-an, saat itulah grafik kehidupan manusia mulai bergerak secara eksponensial. Berbagai aspek kehidupan pun berubah signifikan.
Dunia tulis menulis, misalnya. Jikalau dahulu kita membaca buku lengkap dengan sampulnya, kini cukup mengunduhnya lewat aplikasi saja. Berita koran yang biasa menemani santap pagi, kini perannya mulai tergantikan oleh news feed media online yang setiap menit membunyikan dering notifikasi.
Perubahan tadi menghadirkan peluang baru dalam sekejap mata. Berbagai profesi anyar kemudian bermunculan. Jika dahulu kita hanya mengenal penulis dan wartawan saja, kini telinga kita mulai akrab dengan istilah content creator, web designer, digital consultant, freelance writer, hingga blogger.
Yang menarik, deretan profesi tadi terbukti bisa menghasilkan pundi-pundi meski tidak dijalani sepenuh hari. Ibarat hobi, kita juga bisa mengatur sendiri kapan ia harus dilakoni. Plus, dijamin halal dan bebas korupsi!

Meraup Puluhan Juta Rupiah dalam Waktu Lima Bulan Saja

Kalian yang kerja kantoran sambil nyambi jadi blogger, mari kita salaman! Yap, profesi saya sejatinya adalah seorang analis di sebuah lembaga negara. Sebagai seorang karyawan, tentu pikiran dan tenaga saya curahkan sepenuhnya untuk lembaga sepanjang hari kerja.
Namun ketika malam hari dan akhir pekan telah tiba, saat itulah karya saya kerap menghiasi dunia maya.
Saya memang hobi menulis sejak duduk di bangku SMA, namun baru mulai mengenal blog sejak tahun 2015. Ketika itu, kantor saya mengadakan kompetisi blog yang berhadiah laptop. Tertarik ingin memilikinya, saya pun mendaftarkan diri.
Hasilnya bisa kalian tebak. Tanpa pengalaman dan dikerjakan asal-asalan, saya hanya bisa gigit jari melihat laptop idaman diraih seorang rekan.
Akan tetapi, justru karena kekalahan itulah lahir sebuah ambisi dan cita-cita dari dalam diri.
Berbekal keseriusan dan pengalaman yang saya miliki pada tahun sebelumnya, akhirnya saya berhasil menjadi pemenang pada kompetisi serupa dalam tiga tahun berikutnya: juara II tahun 2016, juara I tahun 2017, dan juara III tahun 2018.
Tidak ingin dicap “jago kandang”, selanjutnya saya kembali menantang diri sendiri: bisakah saya menjadi pemenang dalam skala nasional?
Oleh karena itu, saya pun melakukan apa yang seharusnya dikerjakan oleh seorang blogger profesional. Membeli domain sendiri, merapikan tampilan blog, rajin posting blog, dan yang pasti rutin mengikuti kompetisi menulis dan blog berskala nasional.
Dalam kurun waktu lima bulan terakhir (Juli sampai dengan November 2018), saya berhasil mempublikasikan 34 artikel di blog. Rinciannya adalah 21 tulisan di blog pribadi www.nodiharahap.com ini, dan 13 artikel di blog komunitas. Bila dirata-ratakan, maka saya menulis 6 hingga 7 artikel dalam setiap bulannya.
Dari 34 artikel tersebut, sebanyak 30 artikel saya ikutsertakan dalam berbagai lomba blog. Hasilnya: 12 kali menang, 14 kali kalah, dan 4 sisanya masih menunggu pengumuman hingga artikel ini diterbitkan. Bahkan, 2 artikel di antaranya telah diterbitkan menjadi buku antologi.
Artinya, dalam waktu lima bulan saja, prestasi saya meningkat empat kali lipat dibanding tiga tahun terakhir!
Bonusnya, tentu saya mendapat hadiah dari 12 penyelenggara kompetisi blog yang saya menangi. Ada yang memberi gawai, voucer belanja, hingga uang tunai. Bila seluruh hadiah diukur dengan satuan uang, maka saya berhasil meraup Rp40,75 juta dalam waktu lima bulan saja! Seru, kan?
Sekali lagi, saya bukanlah seorang fulltime blogger. Tugas di kantor tetap menjadi yang pertama dan utama. Menulis blog saya lakukan pada waktu senggang saja. Hitung-hitung menyalurkan hobi dan berbagi informasi, meskipun tetap dilakoni dengan serius dan sepenuh hati. Jikalau berbonus materi, saya anggap itu adalah tambahan uang jajan buat istri.
Tidak, saya tidak riya. Selain dilarang agama, saya juga sadar diri dan tahu posisi. Di luar sana, masih banyak blogger lain (atau bahkan kalian) yang lebih berprestasi dari saya. Saya hanya ingin membuktikan bahwa dengan memanfaatkan teknologi pada era digital ini, rezeki akan datang bagi siapa saja yang sungguh-sungguh mencari.
Oleh karena itu, berbekal ilmu dan pengetahuan saya yang terbatas ini, perkenankan saya untuk membagikan tiga tips yang saya praktekkan sebagai seorang blogger (baca: nyambi jadi blogger) agar bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah. Semoga berguna dan bisa menjadi inspirasi.



Konsisten Menulis

Beberapa teman Instagram acapkali bertanya selepas saya posting foto menang lomba blog, “Bagaimana caranya menjadi juara?”
Saya pasti menjawab caranya hanya ada dua. Pertama menulis, dan yang kedua menulis lagi.
Jelas, bagi blogger menulis merupakan sebuah kewajiban. Pasalnya, produk utama kita adalah tulisan, bukan? Meski blogger zaman sekarang banyak memperkaya tampilannya dengan infografis, animasi, dan video, namun tetap saja semua itu hanyalah pemanis. Yang utama tetaplah rangkaian aksara.
Semakin banyak kita menulis, maka kemampuan merangkai kata akan semakin baik, tarian jari-jemari di atas keyboard semakin lihai, dan tulisan yang kita hasilkan akan semakin berkualitas. Ujung-ujungnya, pembaca semakin banyak, peluang menjuarai lomba semakin besar, dan tawaran kerjasama pun akan berdatangan.
Bagaimana kalau kalah lomba? Kan sedih dan jadi males buat nulis lagi. Justru di situlah tantangannya. Kalau kalah, ya coba lagi! Simple, kan?
Agar konsisten saat menang maupun kalah, buatlah jadwal rutin menulis. Apapun yang terjadi (kecuali sakit atau sebab lain yang lebih prioritas), tetap komitmen dengan jadwal yang telah disusun. Rencanakan, lakukan.

Perkaya Inspirasi

Ada yang bilang, menulis tanpa membaca sama saja menikmati sayur tanpa garam. Saya termasuk orang yang setuju dengan pendapat tersebut.
Meski bukan satu-satunya sumber inspirasi, membaca tetap menjadi agenda penting yang harus dilakukan oleh blogger. Apalagi dengan dukungan teknologi saat ini, membaca jadi lebih mudah dilakoni. Mau baca buku, blog, berita, artikel, atau bahkan jurnal ilmiah sekalipun, kini bisa dilakukan dalam genggaman tangan.
Pilihlah bacaan yang sekiranya bisa memperkaya tulisan kita. Dengan rajin membaca, maka diksi menjadi lebih kaya, kata-kata akan penuh makna, dan tulisan semakin bernyawa.
Sumber inspirasi lainnya adalah pengalaman. Tidak hanya yang baik-baik saja, pengalaman buruk juga bisa. Yang terakhir biasanya malah melekat lebih kuat dalam ingatan.
Sebagai contoh, saya pernah menderita vertigo, dan harus rela kambuh-kambuhan selama hampir 9 bulan. Rasanya sungguh tak enak dan mengganggu aktivitas.
Namun siapa sangka dengan menceritakan pengalaman buruk tersebut, bulan lalu saya berhasil menjuarai lomba blog yang diselenggarakan oleh sebuah produk kesehatan—yang salah satu khasiatnya menyembuhkan vertigo. Hadiahnya delapan juta! Dari derita menjadi gelimang harta, bukan?
Oleh karena itu, rajin-rajinlah mencatat pengalaman unik yang kalian rasakan. Siapa tahu bisa menjadi sumber inspirasi yang berharga di masa depan.

Kelola Blog Dengan Baik

Kalian ingin makan di sebuah restoran di mall. Pilihannya cuma ada dua. Restoran pertama menunya sederhana, tapi mejanya bersih, susunannya rapi, dan baunya wangi. Restoran kedua menunya mewah, tapi di atas meja masih banyak sisa makanan yang belum dibereskan, susunannya berantakan, dan bau dapurnya tercium sampai ke luar.
Kalian pilih yang mana? Pasti yang pertama, bukan?
Sama halnya dengan restoran, blog juga harus kita kelola dengan baik. Mengapa? Tidak lain dan tidak bukan karena blog merupakan asetnya seorang blogger. Tampilan blog yang rapi dan sistematis akan membuat orang nyaman untuk berlama-lama di blog kalian.
Menggunakan blog top level domain (TLD) juga penting, karena akan meningkatkan citra si empunya blog. Kesannya lebih profesional. Bonusnya, jika dikelola dengan benar, blog kalian niscaya akan tampil di urutan teratas dalam search engine.
Waktu loading untuk membuka blog juga terbukti sangat berpengaruh. Blog yang berat dan lemot (kecuali kalian benar-benar terkenal layaknya selebgram) cenderung ditinggalkan pembaca. Semakin cepat waktu loading, maka akan semakin baik pula blog kalian. Karena itu, kalian perlu memilih penyedia hosting yang jempolan.
Tapi membeli domain dan biaya hosting yang jempolan itu kan mahal? Eits, kata siapa. Kenalan dulu, dong dengan DomaiNesia.

Sekilas Tentang DomaiNesia

DomaiNesia adalah solusi lengkap bagi individu atau perusahaan yang ingin memiliki blog atau website. Penyedia jasa besutan PT Deneva ini menyediakan segala yang kalian butuhkan, mulai dari Domain, Hosting, Secured Socket Layer (SSL), hingga Website. Sangat cocok bagi para pemula yang baru ingin mengembangkan blog atau website.
Untuk lebih jelasnya, mari kita berkenalan dengan setiap elemennya.
·          Domain
Domain merupakan alamat dari website atau blog kalian. Contohnya, blog yang sedang kalian baca ini, memiliki nama domain: www.nodiharahap.com. Di DomaiNesia, kalian bisa memilih nama domain sesuka hati.
·          Hosting
Hosting adalah tempat untuk menyimpan data-data yang ditampilkan dalam blog. Setiap data berupa teks, gambar, video, atau lainnya, seluruhnya tersimpan dalam hosting. Mudahnya, hosting ibarat tanah kaveling yang di atasnya berdiri rumah bernama website atau blog.
·          Secured Socket Layer (SSL)
SSL adalah sebuah jalur terenkripsi yang berfungsi untuk mengamankan website kalian. Dengan fitur ini, maka pengguna dapat mengirim data dengan aman ketika mengakses website.
·          Website
Website adalah sebuah halaman yang berisikan informasi data, berupa teks, video, maupun gambar. Seperti yang kalian lihat sekarang, inilah yang disebut dengan website. Bedanya dengan blog? Blog merupakan salah satu jenis dari website. Sesuai namanya, blog merupakan website yang berisi catatan/jurnal/karya tulis si pemilik blog (blogger).

Nah, jika sudah berkenalan, berikut akan saya jelaskan mengapa DomaiNesia merupakan solusi terbaik dan terlengkap bagi kalian yang ingin membuat blog.

Domain Murah

Yap, kalian ga salah baca. DomaiNesia menyediakan Domain Murah untuk kalian. Dengan harga mulai dari Rp14.000 per tahun saja, kalian dapat memilih domain sesuka hati.
Pilihan nama domain juga sangat lengkap. Mulai dari .com .net. org. .website .site .tech . store .online .id dan masih banyak lagi. Selain murah, keunggulan membeli domain di DomaiNesia adalah sebagai berikut:
·          Aman
Dilengkapi dengan fitur Privacy Protection yang dapat menyembunyikan informasi pribadi pada whois domain untuk mencegah spam.
·          Support Tanggap
Layanan customer service DomaiNesia dengan senang hati akan menjawab segala pertanyaan dan kendala kalian.
·          Aktivasi Instan
Aktivasi domain hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.
·          Managed DNS
Pengelolaan DNS record pada domain juga bisa dilakukan pada DNS Server milik DomaiNesia sehingga lebih aman dan nyaman.
Untuk lebih jelasnya, kalian dapat klik atau melihat infografis di bawah ini.

Hosting Murah

Selain menyediakan Domain Murah, DomaiNesia juga menyediakan layanan Hosting Murah. Dengan harga mulai dari Rp8.000 per bulan saja, kalian dapat menikmati layanan hosting dengan kapasitas 300 MB, unlimited bandwidth, 1 website, dan unlimited email.
Di DomaiNesia, ada dua paket yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Pertama, paket Hosting Murah yang sangat cocok untuk para blogger. Kedua adalah paket Hosting Bisnis yang cocok dengan kebutuhan perusahaan, organisasi, maupun institusi pemerintah.
Untuk lebih jelasnya, kalian dapat klik atau melihat infografis di bawah ini.
Layanan hosting di DomaiNesia juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih sebagai berikut:
·          Enterprise-grade SSD
Fitur ini menjanjikan kecepatan bagi performa blog kalian.
·          Mail Channels Spam Filter
Dengan fitur ini, email kalian akan terbebas dari spam yang membahayakan.
·          Garansi 99,9% Uptime
Server yang dimiliki oleh DomaiNesia hampir tidak pernah down. Oleh karena itu, DomaiNesia memberikan garansi 99,9% uptime.
·          Anti-Virus & Anti-Malware
Menangkal segala virus dan malware yang dapat menyerang blog atau website kalian.
·          Banyak Pilihan Lokasi Server
DomaiNesia memiliki 4 lokasi server yang dapat kalian pilih sesuka hati, yakni Indonesia, Singapura, Amerika atau Jepang.
·          CloudFlare® Railgun
Meningkatkan kecepatan performa website.
·          Backup Harian ke Cloud
Data yang tersimpan dalam DomaiNesia dijamin aman, karena telah dilengkapi dengan fitur backup harian ke Cloud.
·          Node.js, Python, Ruby, PHP, dan Binary Linux
Layanan hosting yang disediakan DomaiNesia telah dilengkapi dengan fitur yang menunjang perkembangan teknologi, di antaranya Node.js, Python, Ruby, PHP dan binary Linux.

Pengalaman Berbelanja dan Membuat Blog di DomaiNesia untuk Persiapan Mendulang Rupiah pada Tahun 2019

Mungkin kalian bertanya, bagaimana bisa saya mengulas tentang Hosting Murah di DomaiNesia, sedangkan platform blog yang saya gunakan ini adalah Blogger, sebuah platform blog yang hosting-nya disediakan langsung oleh Google? Ah, jangan-jangan saya hanya mengutip dari website DomaiNesia saja?
Eits, jangan curiga dulu. Saya juga pelanggan DomaiNesia lho, makanya bisa menceritakan dengan lugas dan objektif.
Oke, blog yang sedang kalian baca ini memang Blogger yang notabene bukanlah self-hosting. Akan tetapi, saya juga punya niat dan keinginan untuk memiliki blog di platform WordPress.
Mengapa? Karena Blogger memiliki banyak keterbatasan. Memang keunggulan Blogger adalah simple dan mudah digunakan. Namun dari segi tampilan dan keleluasaan modifikasi, WordPress dengan segala fitur plugin-nya bisa lebih diandalkan.
Selain itu, saya juga tertarik untuk belajar mengutak-ngatik tampilan website dan berniat untuk menggunakan web builder. Nah, fitur ini hanya tersedia di platform WordPress. Blog WordPress nantinya akan saya siapkan dengan sebaik-baiknya untuk mendulang Rupiah pada tahun depan.
Oleh karena itu, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Paket Hosting Terbaik Untuk WordPress dari DomaiNesia yang telah dilengkapi dengan fitur Instant Deploy.

Dengan menggunakan fitur ini, kalian tidak perlu repot-repot melakukan instalasi WordPress. Semuanya telah disiapkan oleh DomaiNesia, dan kalian tinggal menggunakan saja. Asik, bukan?
Nah, berikut ini saya uraikan pengalaman berbelanja sekaligus Cara Membuat Blog di DomaiNesia.

1.      Membuat Akun di DomaiNesia

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat akun di DomaiNesia. Caranya mudah, cukup dengan mendaftarkan nama, email, dan password, dalam menu Sign Up yang ada di pojok kanan atas laman utama DomaiNesia. O ya, nantinya kalian juga diharuskan memilih, apakah akun yang dibuat, digunakan untuk personal atau perusahaan.
Setelah membuat akun, kalian akan mendapat konfirmasi melalui email. Segera cek inbox dan lakukan Login dari tautan yang disertakan dalam email tersebut.
Bila melakukannya dengan benar, maka sekarang kalian akan masuk ke menu Dashboard personal milik kalian. Nah, dalam menu Dashboard kita bisa mengecek segala informasi layanan dan promo dari DomaiNesia yang telah kalian pesan atau miliki.

2.     Pilih Paket Hosting WordPress DomaiNesia dan Nikmati Kemudahan Instant Deploy

Setelah memiliki akun, kembali ke laman utama DomaiNesia dan klik menu Hosting yang ada di sisi atas. Posisinya di sebelah kanan menu Domain, atau di sebelah kiri menu Web Apps. Atau kalian juga bisa klik tombol hijau bertuliskan “Selengkapnya” pada pilihan paket <Hosting Super> di Section Produk & Layanan yang posisinya ada di tengah-tengah laman.
Selanjutnya, kalian akan sampai pada laman yang berisi layanan dan informasi paket Hosting. Pilihlah Paket Hosting WordPress DomaiNesia yang berada tepat di tengah laman. Klik tombol Lihat Paket berwarna abu-abu untuk masuk ke dalamnya.
Ada empat pilihan Paket Hosting WordPress DomaiNesia yang dapat kalian pilih, yaitu mulai dari Super, Monster, Mikro, hingga Mega. Bila bingung mau pilih yang mana, DomaiNesia sendiri telah merekomendasikan paket Monster dengan fitur Space 5 GB, unlimited bandwidth, unlimited website, unlimited email, dan gratis domain selama 1 tahun.
Setiap paket yang kalian pilih dilengkapi dengan berbagai fitur ciamik, yakni:
·          Instant Deploy
Blog dapat langsung kalian gunakan tanpa perlu repot-repot melakukan proses instalasi.
·          WordPress Akselerator
Mempercepat performa loading database dan akses ke blog kalian.
·          Migrasi Situs Web
Bila kalian telah memiliki WordPress sebelumnya, data-data yang ada di sana bisa kalian pindahkan ke WordPress yang baru.
·          Monitor Keamanan
Memberi keamanan blog WordPress kalian dengan fitur update, anti-virus, anti-malware, dan menutup celah masuknya gangguan keamanan.
·          Backup Harian Otomatis
Data yang ada di blog WordPress secara otomatis akan di-backup, sehingga tidak khawatir dengan risiko kehilangan data.
·          Garansi Uang Kembali
Bila kalian tidak puas, DomaiNesia memberikan garansi 100% uang kembali selama 10 hari.

Ketika pertama kali memilih, sejujurnya saya juga bingung mau yang mana. Oleh karena itu, saya menelpon layanan Customer Services DomaiNesia yang dapat dihubungi di nomor (0274) 545653.
Setelah menceritakan kebutuhan saya dalam membuat blog WordPress, Customer Services menyarankan saya untuk mengambil Paket Mikro. Alasannya, Space yang disediakan serta performa paket ini lebih cepat dibandingkan dengan Paket Monster, sehingga sangat cocok bagi WordPress yang nantinya akan diinstal banyak plugin dan web builder.
Berbekal informasi dari Customer Services yang ramah, akhirnya saya mengambil Paket Mikro.

3.    Pemesanan

Dalam menu pemesanan, ada beberapa kolom yang perlu kalian lengkapi. Akan saya jelaskan satu per satu.

·          Lokasi Server
Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada 4 lokasi server yang dapat kalian pilih yaitu Indonesia (Jakarta), Singapura (Singapura), Amerika (Dallas), dan Jepang (Tokyo). Sesuai saran dari Customer Services, saya memilih server Singapura.
·          Siklus Berlangganan
Kalian dapat memilih periode berlangganan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, atau 2 tahun. Saya sendiri memilih paket 1 tahun.
·          Addons SSL
Sebagai fitur pengaman website, kalian dapat memilih salah satu dari dua jenis SSL yang ditawarkan. Pertama, SSL gratis dengan lama penerbitan sampai dengan 24 jam. Kedua, Comodo SSL seharga Rp99.000 dengan lama penerbitan kurang dari 1 jam. Karena menyangkut urusan keamanan, maka saya memilih yang terbaik, yaitu Comodo SSL.
·          Nama Domain
Ini yang seru! Nama ibarat doa. Karena itu ia harus dipilih dengan baik. Setelah berpikir panjang, akhirnya saya memutuskan untuk memesan nama domain “www.nodiharahap.net”. Alasannya sederhana, karena “www.nodiharahap.com” sudah digunakan untuk blog yang kalian baca ini, dan saya tidak ingin mengubah nama “nodiharahap”.
·          Username dan Password WordPress
Masukkan username dan password yang akan kalian gunakan untuk login ke blog WordPress kalian nantinya.
·          Masukkan Troli
Rincian biaya atas layanan yang kalian pesan akan tampil pada kotak hijau di bawah. Jika sudah oke, segera klik Masukkan Troli untuk menuntaskan pembayaran.
  

4.    Bayar dan Rasakan Diskonnya

Saya kaget ketika mengecek jumlah yang harus dibayar di menu Troli. Bukan apa-apa, ternyata saya mendapat diskon hingga 40% karena bertepatan dengan Promo Black Friday


Paket yang awalnya senilai Rp1.168.500, menjadi “cuma" seharga Rp772.500. Wow! Hanya DomaiNesia nih yang bisa begini.
Oke, kembali ke laptop, selanjutnya kalian dapat memilih berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer lewat Bank Mandiri, BCA, BNI, atau melalui Kartu Kredit (MasterCard atau Visa). Kalian juga bisa membayar lewat metode lainnya seperti PayPal, Virtual Account, hingga Alfamart. Mudah, bukan?
Setelah sukses melakukan pembayaran, kalian akan menerima notifikasi lewat email. Kalian juga bisa mengunduh bukti pembayaran (invoice) dengan klik tombol yang terletak di bagian bawah laman.

5.     Seduh Kopi dan Tunggu 1 Jam

Seduh kopi. Relaks. Regangkan otot-otot yang kaku. Tunggu sekitar 1 jam. DomaiNesia sedang bekerja mengurus blog WordPress kalian.
Sekitar 1 jam kemudian, kalian akan menerima email yang menginformasikan bahwa Instalasi WordPress dengan Instant Deploy telah berhasil.

6.    Jadi, Deh!

Supaya mudah dan ga ribet, masukkan alamat domain kalian di browser. Untuk pertama kalinya, kalian akan terhubung ke portal DomaiNesia sebelum benar-benar masuk ke dalam blog kalian.
Di menu ini, kalian bisa memilih template tampilan blog baru yang kalian miliki. O ya, jangan lupa mengunduh Panduan Dasar dan Tutorial WordPress di bagian atas laman ini. Panduan ini akan sangat berguna bagi kalian yang benar-benar baru menggunakan WordPress seperti saya.
Saya sendiri memilih template Casper sebagai awalan. Standar banget. Saya modifikasi sedikit teks pada bagian Header saja. Jadilah seperti infografis di bawah ini.
Untuk login selanjutnya, kalian dapat menambahkan “/wp-admin” ketika kalian ingin masuk ke menu admin blog kalian. Contohnya kalau blog saya berarti: “www.nodiharahap.net/wp-admin”. Di sana kalian bisa memasukkan username dan password untuk masuk ke menu admin.

7.     Modifikasi Lebih Lanjut

Untuk mengetahui cara mempercantik, memodifikasi, dan beraktivitas lebih lanjut di blog baru, kalian bisa membaca Panduan Dasar dan Tutorial WordPress dari DomaiNesia yang telah kalian unduh pada langkah sebelumnya. Panduan tersebut berisi file berjudul “WordPress Tutorial” dan “User’s Guide WordPress” berbentuk PDF dengan ukuran 35,1 MB.
Untuk merangkum apa yang telah saya kemukakan di atas, kalian juga bisa klik artikel Cara Membuat Blog Profesional Untuk Pemula yang telah disiapkan oleh DomaiNesia untuk kalian baca-baca.

Kesimpulan & Penutup

Era digital bukanlah suatu masa yang perlu ditakuti dan disegani. Pada kala ini, justru berbagai peluang baru bermunculan di depan mata, menanti untuk kalian gali dan eksplorasi.
Pengalaman saya sebagai part-time blogger telah membuktikan hal itu. Meski hanya nyambi dan tidak dijalani sepenuh hari, namun jika dilakoni dengan serius dan sepenuh hati, maka hobi ini ternyata bisa mendulang banyak pundi-pundi dalam waktu yang relatif singkat.
Dengan paket Hosting Murah WordPress yang baru saja kubeli dari DomaiNesia, saya menatap tahun 2019 dengan penuh harapan. Meski waktu yang tersedia untuk mengurus blog hanya malam dan akhir pekan, saya tetap tak gentar.

Berbekal www.nodiharahap.net besutan DomaiNesia, blog landing page berdesain ciamik siap untuk membuat gebrakan pada tahun depan.
***

Sumber Referensi Artikel:
No.
Aspek
Sumber/Tautan
1.
Foto dan Infografis
Hasil olah gambar yang bersumber dari koleksi Pribadi dan screenshot pengalaman pribadi membeli layanan Hosting WordPress di DomaiNesia
2.
Informasi Mengenai DomaiNesia
https://www.domainesia.com
Artikel ini diikutsertakan dalam DomaiNesia Blogging Competition yang diselenggarakan oleh DomaiNesia.

14 comments:

  1. Ayo migrasi ke Wordpress Mas, bisa di bilang wordpress akan memberikan pengalaman ngeblog yang sesungguhnya, bener dah, soalnya saya sudah mengalaminya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, Mas Amir. Tahun 2019 pindah WordPress. Sudah dibeli dari DomaiNesia sekarang, tinggal dipercantik. Terima kasih sudah berkenan mampir, Mas. Salam hangat.

      Delete
  2. Mantap bang. 8 tahun terakhir internet berkembang pesat banget. Sekarang bener bener banyak profesi yang bermunculan. Generasi di bawahku kok mudah sekali mereka menghasilkan uang. Haha. Tapi tetap optimis bersaing dengan yang lebih muda.

    Nah itu. Kata Kang Amir, rasakan sensasi wordpress. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Kadika. Segera nulis di WordPress tahun depan. Hehe. Bener banget ya, sekarang peluang ada di mana-mana. Tinggal mau diambil atau tidak.

      Terima kasih sudah berkenan mampir, Kak. Salam hangat.

      Delete
  3. betul sekali mas pada poin di tengahnya, tulisan adalah hal utama, sedangkan saya hingga saat ini belum bisa menghasilkan konten tulisan yang berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih harus banyak belajar nih, Mas. Ayo kita sama-sama belajar. Terima kasih telah berkenan mampir. Salam hangat.

      Delete
  4. Luar biasa bagi fokusnya Mas ini. Saya malah pas ngantor lagi dah ga kepegang ngeblog haha. Karena kerjaannya ngurusin konten2 kantor hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap bersemangat, Mba. Hehe. Terima kasih telah berkenan mampir. Salam hangat.

      Delete
  5. ngeblog itu emang bawa hoki brooooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaapp. Hehe. Terima kasih sudah berkenan mampir, Bro. Salam hangat.

      Delete
  6. Wagelaseeehhhh bang tulisanmu makin out of the box, kereennnnn btw aku penasaran pengen bkin infografis penghasilan lomba jg ah hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Masih harus banyak belajar, Bang. Wah, mantap. Aku tunggu, Bang infografisnya. Pasti berguna buat orang banyak. Terima kasih sudah mampir, Bang. Salam hangat.

      Delete
  7. semoga makin marak ke hal hal positif.
    terima kasih artikel panjangnya yang membuka cakrawala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, Mas, sudah berkenan mampir. Salam hangat.

      Delete