Merancang Impian Lewat Genggaman Tangan


“Mau ketemu di mana, Bang?” Begitu bunyi pesan yang kukirim kepada Chris lewat smartphone-ku.
Meski usia kami hanya terpaut satu tahun, aku tetap memanggilnya “Abang”. Sudah menjadi kebiasaanku sejak lebih dari empat tahun yang lalu, ketika pertama kali kami berkawan. Sengaja kusapa demikian, agar ia tetap ingat siapa yang lebih tua di antara kami berdua.
Kami bekerja di kantor yang sama, namun beda lokasi penempatan. Aku di Jakarta, sedangkan Chris di Semarang. Kami biasa berjumpa ketika sedang ada Event Kantor, seperti meeting atau seminar.
Namun, pertemuan kali ini berbeda dari biasanya.
Tiket pesawat rute Semarang-Jakarta sengaja ia beli jauh-jauh hari, khusus untuk bertemu denganku di Jakarta. Tentu bukan membahas kerjaan kantor yang tak akan ada habisnya. Melainkan untuk merancang mimpi kami: membangun sebuah bisnis bersama.
Sebelumnya, aku juga telah mengajak seorang sahabat kuliahku, Hendra, untuk memulai sebuah bisnis kuliner. Ia juga seorang pekerja kantoran, sama sepertiku dan Chris. Bedanya, ia bekerja di kantor yang berbeda.
Kami bertiga belum memiliki pengalaman dalam berbisnis. Jika ada, paling-paling hanya mencari dana untuk pentas seni sewaktu zaman kuliah dulu. Memulai bisnis kuliner bermodal puluhan juta rupiah? Ini yang pertama.
Oleh karena itu, Hendra berbaik hati kepadaku dengan mengajak serta kekasihnya, Jenny, yang memang seorang pengusaha. Tentu dengan senang hati aku menerimanya. Karena dengan demikian, tim kami mendapat sebuah elemen penting yang belum dimiliki oleh kami bertiga: pengalaman berbisnis.
Nah, tugasku kali ini adalah mengajukan proposal bisnis kepada Chris. Kami berharap ia tertarik dengan peluang bisnis kuliner yang kami tawarkan, dan bergabung ke dalam tim kami.
Prinsipnya sederhana. Semakin banyak kepala, tentu akan semakin rendah pula risikonya. Seperti pernyataan yang sering dilontarkan oleh investor: janganlah menaruh telur di dalam satu keranjang.

Meeting Memegang Peranan Penting

Meski teknologi telah berkembang dengan pesat, ternyata pertemuan tatap muka—seperti meeting kali ini—tetap saja dibutuhkan. Bahkan, tidaklah berlebihan bila dikatakan bahwa meeting memegang peranan yang sangat penting dalam pengambilan sebuah keputusan bisnis.
Seperti dilansir Forbes, penelitian yang dilakukan oleh Loughborough University School of Business and Economics mengungkap fakta bahwa sebuah meeting tatap muka dapat meningkatkan keterikatan antar pesertanya hingga 85%. Oleh karenanya, meeting yang baik dan berkesan sangat krusial dalam kesuksesan suatu rencana bisnis.
“Terserah. Pokoknya tempat yang bisa ngopi enak,” balas Chris semenit kemudian.
Otakku langsung bekerja dengan cepat. Memang tidaklah sulit menemukan kedai kopi enak di Jakarta. Yang sulit adalah memilihnya.
Aku sadar, pertemuan ini bukanlah pertemuan sembarangan. Aku pun tahu, bahwa Tempat Meeting yang baik dan representatif, merupakan awal dari kesuksesan bisnisku. Keputusan Chris untuk ikut ke dalam tim kami sangat bergantung pada meeting kali ini. Oleh karena itu, persiapan yang baik sangatlah dibutuhkan.
Dari ratusan pilihan kedai kopi yang ada, manakah yang pas untuk ngobrol soal bisnis? Kedai kopi manakah yang memiliki Meeting Space nyaman? Jika ini yang terjadi pada kalian, kira-kira apa yang akan kalian lakukan?
“Sebentar, Bang, gue cari dulu,” balasku dengan cepat.
Mencari kedai kopi yang memiliki fasilitas Meeting Space lewat search engine internet seperti Google, akan membuat kalian sakit kepala. Mirip-mirip dengan kalian yang bekerja sebagai sekretaris atau karyawan bagian administrasi, ketika mencari Ruang Meeting untuk Event Kantor.
Mengapa? Pertama, dari ratusan kedai kopi yang ada di Jakarta, kalian harus memilah antara kedai kopi biasa dengan kedai kopi yang memiliki Ruang Meeting. Pun demikian halnya bagi kalian yang mencari Meeting Space yang cocok untuk keperluan kantor. Tentu ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
Kedua, memastikan biaya meeting sesuai dengan budget. Tidak semua kedai kopi mencantumkan daftar menu atau harga meeting package di situsnya. Mirip-mirip seperti “membeli kucing dalam karung”. Awas, bila salah memilih, biaya meeting yang kalian keluarkan bisa-bisa malah membengkak.
Terakhir, memastikan availability sesuai dengan waktu pelaksanaan meeting yang kalian inginkan. Ini hanya bisa kalian lakukan dengan cara menghubungi kedai kopi atau penyedia Tempat Meeting. Jika waktu yang kalian kehendaki sudah full booked, terpaksa kalian harus mencari lokasi Meeting Space lainnya.

Oleh karenanya, mencari Ruang Meeting yang baik, bisa-bisa menghabiskan tenaga, waktu, dan pulsa kalian. Telepon sana, telepon sini. Janjian dengan si anu, mencari kepastian dengan si ana. Oke, mari kita berhitung dengan waktu. Berapa jam waktu yang kalian butuhkan? 1 jam? 2 jam? Atau sehari penuh?
Kalau aku, tidak sampai 5 menit.
Lho, kok bisa? Bisa, dong, karena aku menggunakan SpotQoe. Aplikasi pintar yang memudahkanku dalam memesan Ruang Meeting, Event Space, hingga Coworking Space hanya dengan genggaman tangan. Penasaran?

SpotQoe: #JadiLebihMudah Memesan Ruang Meeting Lewat Jempolmu

SpotQoe adalah sebuah platform yang menghubungkan pemilik space—seperti restoran, hotel, dan Coworking Space—dengan pelaku bisnis yang membutuhkan tempat untuk aktivitas mereka. Mudahnya, platform rintisan PT Astragraphia Xprins Indonesia ini akan memudahkan kita dalam mencari, memilih, dan memesan ruangan untuk kebutuhan event, training, seminar, rapat, atau kegiatan sejenisnya.
Hingga saat ini, SpotQoe telah menyediakan lebih dari 2.500 jenis space yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Oleh karenanya, SpotQoe sangat cocok digunakan oleh pelaku bisnis, karyawan, sekretaris, freelancer, mobile worker, hingga digital nomad yang membutuhkan space.
Sebagai sebuah platform berbasis internet, SpotQoe dapat kalian akses melalui website dengan alamat www.spotqoe.com. Selain itu, untuk lebih memudahkan kalian dalam mengaksesnya, sejak 28 Agustus 2018 kemarin SpotQoe juga telah melakukan launching aplikasi mobile yang dapat kalian unduh melalui Google Playstore maupun App Store.
Inilah yang menjadikan kegiatan memesan ruangan menjadi lebih mudah, semudah memencet-mencet jempol pada layar smartphone kalian. Asyik, kan?

Wah, Keren. Caranya?
Ga perlu ribet. Kalian cukup melakukan empat langkah mudah untuk memesan Ruang Meeting melalui aplikasi SpotQoe.
Pertama, registrasi. Sama seperti aplikasi lain pada umumnya, SpotQoe juga mewajibkan penggunanya untuk melakukan registrasi. Hal ini bertujuan untuk memverifikasi setiap pengguna SpotQoe, termasuk kalian.
Daftarkan alamat email dan password kalian ke dalam aplikasi SpotQoe. Setelah itu, SpotQoe akan mengirim tautan aktivasi akun ke alamat email kalian. Segera cek inbox dan klik tautan aktivasi yang ada di sana.
Masuklah ke dalam aplikasi SpotQoe dengan mengetikkan email dan password kalian. Dari sini, kalian sebenarnya telah diperkenankan untuk melakukan pemesanan. Namun demikian, lengkapilah terlebih dahulu data diri kalian dalam menu “edit profile”.
Data diri yang dibutuhkan antara lain yaitu nomor telepon, jenis kelamin, tanggal lahir, dan alamat lengkap. Hal ini diperlukan agar customer service SpotQoe dapat menghubungi kalian, ketika kalian telah melakukan pemesanan Ruang Meeting.
Kedua, pilih lokasi. Untuk memudahkan kalian dalam mencari Ruang Meeting sesuai dengan kebutuhan, SpotQoe menyediakan fitur filter yang dapat kalian manfaatkan. Beberapa parameter yang dapat kalian pilih adalah nama daerah lokasi, kapasitas peserta, tipe ruangan, durasi, dan kisaran harga.
Setelah kalian memilih berbagai parameter tersebut, SpotQoe akan menampilkan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian, lengkap dengan daftar harganya. Sehingga akan memudahkan kalian memilih Ruang Meeting yang sesuai dengan budget kalian.
Sebagai contoh, untuk kebutuhan meeting-ku dengan Chris kali ini, aku memilih beberapa parameter sebagai berikut:
·       Lokasi: Jakarta Pusat;
·       Kapasitas: 4 orang;
·       Tipe Ruangan: Meeting Room;
·       Durasi: halfday; dan
·       Kisaran harga: default (Rp0 s.d. Rp30 juta) dengan urutan mulai dari yang paling rendah.
Pucuk di cinta ulam pun tiba. SpotQoe langsung menampilkan “Bengawan Solo Coffee Plaza Permata – Table 2” dalam urutan atas. Sehingga aku tidak perlu repot-repot untuk mencari kedai kopi lainnya. Harganya pun cukup terjangkau, yakni Rp80.000 untuk halfday meeting.
Setelah memilih lokasi yang diinginkan, kalian diperkenankan untuk memilih tanggal dan waktu penggunaan ruang, serta menyampaikan request tambahan bilamana diperlukan. Aku sendiri memilih tanggal 4 November 2018 pada waktu Afternoon (pukul 12.00 s.d. 18.00), tanpa adanya request tambahan.
Ketiga, pemesanan. Cek kembali rincian pesanan kalian. Bila telah yakin dengan pilihan kalian, segera klik tombol merah bertuliskan “ORDER NOW” yang terletak di bagian bawah. Setelahnya, secara otomatis aplikasi SpotQoe akan mengirimkan email berisi informasi pesanan, kontak merchant, serta rincian harga.
Perhatikan kembali isi emailnya, karena beberapa merchant seperti hotel, mensyaratkan pembayaran uang muka (down payment) yang harus kalian bayar terlebih dahulu sebelum pelaksanaan meeting. Bila disyaratkan, kalian dapat melakukan pembayaran uang muka melalui SpotQoe, yang selanjutnya akan diteruskan kepada merchant.
Untuk kasusku, mengingat Bengawan Solo Coffee tidak mensyaratkan pembayaran uang muka, maka aku dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Oh ya, pembayaran nantinya akan kulakukan pada saat penggunaan Ruang Meeting di lokasi merchant, beserta tambahan makanan/minuman yang akan kami pesan.
Selanjutnya, tim customer service SpotQoe dengan ramah menghubungiku via telepon dan whatsapp, untuk mengonfirmasi kebenaran pesanan yang telah kubuat sebelumnya.
Terakhir, gunakan Ruang Meeting sesuai dengan jadwal yang telah kalian pilih. Untuk memudahkan kalian menuju ke sana, gunakan pula fitur navigasi Google Map yang terhubung langsung dengan SpotQoe.
Agar lebih nyaman, datanglah 15 menit sebelum waktu yang telah ditentukan. Tunjukkan email konfirmasi pesanan kalian kepada petugas merchant di lokasi meeting. Selanjutnya, petugas merchant akan melakukan verifikasi pesanan, dan ruangan dapat kalian gunakan.
Mudah, bukan?

Bagaimana Kalau Salah Memesan?
Tenang saja, manusia kan memang tempatnya salah. Dan SpotQoe sangat mengerti akan hal itu. Sejujurnya, ketika pertama kali menggunakan aplikasi ini, aku juga salah memilih Ruang Meeting karena fitur filter tidak aku gunakan dengan baik.
Awalnya aku salah memilih “Amaris Hotel Pluit – Amaris 1 & 2” sebagai lokasi meeting, karena aku mengira SpotQoe tidak bekerja sama dengan Coffee Shop. Rinciannya, aku memesan untuk 2 orang dengan durasi selama 6 jam. Sampai keesokan harinya aku dihubungi via whatsapp oleh tim customer service SpotQoe untuk mengonfirmasi pesananku.
Ia heran, mengapa pesanan Ruang Meeting di hotel hanya untuk 2 pax? Setelah aku kemukakan alasan kesalahanku, akhirnya tim customer service SpotQoe membimbingku untuk membatalkan pesanan melalui menu “order history”.
Tapi tak mengapa. Dengan kesalahan ini, maka aku bisa mengetahui bagaimana baiknya layanan yang diberikan oleh tim customer service SpotQoe kepadaku. Pokoknya, juara!

Ada Fitur-Fitur Lainnya, Ga?

Ada, dong. Bagi kalian pekerja kantoran atau sekretaris yang sering ditugaskan untuk mencari Ruang Meeting, ada beberapa fitur tambahan yang sayang untuk dilewatkan.
Kalian dapat menggunakan fitur “Apply Company Account” untuk mendaftarkan akun perusahaan kalian sebagai pengguna SpotQoe. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan fitur “Apply Company Member” untuk mendaftarkan anggota/peserta meeting yang terafiliasi dengan perusahaan kalian.
Mengapa dua fitur tadi sayang untuk dilewatkan? Karena dengan menggunakan fitur-fitur tersebut, kalian akan mendapatkan potongan harga (diskon) setiap kali memesan space melalui SpotQoe. Jadi bisa lebih hemat, deh.
Beberapa fitur standar juga menggenapi kemudahan yang disediakan oleh aplikasi SpotQoe. Di antaranya adalah Frequently Asked Question (FAQ), Complain untuk menyampaikan keluhan atas layanan yang diberikan oleh merchant, dan Customer Support untuk menyampaikan pertanyaan, saran, dan keluhan kalian kepada SpotQoe.
Bagaimana, menarik bukan? Untuk lebih jelasnya, kalian dapat menonton videonya di bawah ini.

Ruang Meeting Aman, Selangkah Menuju Impian

“Minggu depan, Bengawan Solo Coffee Plaza Permata. Udah gue booked. Kita ketemu berempat. Bagaimana, Bang?” Tanyaku kepada Chris lima menit kemudian.
“Oke, mantap,” jawabnya semangat.
Ah, akhirnya. Lega rasanya. Dengan #SpotQoe, memesan Ruang Meeting yang sesuai keinginan #JadiLebihMudah untuk dilakukan. Kini, saatnya beranjak untuk fokus kepada hal yang lebih besar: mewujudkan impian membuka bisnis kuliner bersama.
Sontak ide-ide brilian melompat liar tak terbendung dari dalam kepalaku. Rasanya tidak sabar aku menantikan pertemuan kami berempat—untuk pertama kalinya—minggu depan. Tidak berlebihan bila kukatakan bahwa, hanya lewat genggaman tangan, SpotQoe telah membawaku selangkah menuju impian.
Jadi, bagaimana dengan kalian?
***
Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition yang diselenggarakan oleh SpotQoe.

Sumber Referensi:
No.
Judul/Laman
Tautan
1.
Why You Are More Successful In Face-To-Face Meetings
https://www.forbes.com/sites/carolkinseygoman/2015/10/25/why-you-are-more-successful-in-face-to-face-meetings/#34f196a86315
2.
SpotQoe
https://spotqoe.com/
3.
Introdution to SpotQoe App
https://www.youtube.com/watch?v=mUmJc0jh6CE

4 comments:

  1. Semoga lancar rencana kedepanya Mas, punya bisnis sendiri itu emang mengasikan, gak terikat dengan atasan karena kita yang menghandlenya. Btw sukses ya buat lombanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Ya Rabbal Alamin. Terima kasih Mas Amir sudah berkenan mampir. Sukses juga buat Mas Amir. Salam hangat.

      Delete
  2. Waini, saya juga butuh Spotqoe. Untuk keperluan blogger gathering selalu butuh tempat. Kalau harus keliling Solo demi mendapat tempat yang cocok, habislah energi dan waktu. Moga sih, tempat meeting di kota Solo udah masuk di Spotqoe, jadi saya terbantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok kalo begitu, Mba. SpotQoe memang pas buat kita untuk memesan meeting space dengan mudah. Cukup gunakan jempol, jadi deh. Terima kasih, Mba sudah mampir. Salam hangat.

      Delete