Navigation Menu

Mudahnya Berbelanja Tanpa Kasir dan Uang Tunai di Bliblimart Offline Store



Bosan mengantre tiap kali berbelanja di minimarket? Lupa mengambil uang ketika jadwal belanja bulanan tiba? Tenang. Datang saja ke Bliblimart. Offline store besutan Blibli.com ini punya segudang inovasi yang memudahkanmu berbelanja di toko tanpa kasir dan uang tunai!

Bukan Blibli.com namanya kalau tidak selalu berinovasi. Setelah sukses dengan Bliblimart online, Blibli.com baru saja meresmikan Bliblimart offline store pada Selasa, 28 Januari 2020. Bliblimart bukanlah offline store (toko fisik) biasa. Berbeda dari offline store pada umumnya, di sini kamu bisa berbelanja tanpa kasir dan uang tunai. Cepat, praktis, dan mudah.

Saya adalah salah satu blogger yang cukup beruntung bisa merasakan sensasi berbelanja langsung di Bliblimart. Pada acara “Ngopi Yuk Special: Blogger Exclusive Gathering”, Kamis, 30 Januari 2020, sejumlah blogger—termasuk saya—diajak berkeliling kantor Blibli.com, termasuk berbelanja di Bliblimart. Lokasinya tepat berada di Gedung Sarana Jaya Lantai 1, Jalan Budi Kemuliaan No.1, Jakarta Pusat.



Dan ternyata, apa yang ramai diberitakan sejumlah media beberapa hari ke belakang benar adanya. Di Bliblimart, kamu tinggal memilih barang belanjaan sesuka hatimu. Yang unik, ketika hendak membayar kamu tidak perlu berurusan dengan kasir. Kamu hanya perlu memindai (scan) produk yang ingin dibeli, lewat tombol scan yang ada di fitur “Pencarian” pada aplikasi Blibli.com di ponselmu.

Tidak perlu bingung atau takut salah ketika memindai barang belanjaan. Sebab ada shopkeeper (petugas toko) yang siap membimbingmu dengan senyuman bilamana dibutuhkan.



Setelah semua barang belanjaanmu berhasil dipindai, pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan uang elektronik. Untuk tahap awal, uang elektronik yang diterima di Bliblimart adalah GO-PAY. Jangan khawatir. Ke depan, Bliblimart berjanji akan menambah metode pembayaran uang elektronik selain GO-PAY.

Aji Yogantara, Senior Manager Blibli.com, menjelaskan bahwa dibukanya Bliblimart Offline Store sejalan dengan strategi Omnichannel (segala saluran) yang sedang dikembangkan oleh Blibli.com.



“Bliblimart akan memberikan offline-to-online shopping experience kepada para pelanggan,” tutur Aji. Dengan kata lain, pelanggan dapat memilih barang secara offline, tetapi melakukan pembayaran secara offline dengan menggunakan uang elektronik.

Apa yang dikatakan Aji memang benar. Saya yang mendapatkan kesempatan langsung berbelanja di Bliblimart benar-benar merasakan pengalaman baru. Pasalnya, dengan berbelanja di Bliblimart, ada lima keunggulan yang bisa kita dapatkan.

1. Lebih Cepat Tanpa Kasir

Sebuah studi yang dilakukan Timetric pada 2016 bertajuk Insight Report: The Future of Consumer Payments membuktikan bahwa transaksi tanpa kontak (contactless transaction) lebih cepat.



Rata-rata dibutuhkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu transaksi hanya satu hingga dua detik saja. Ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan transaksi dengan kontak langsung atau kasir yang membutuhkan waktu paling cepat enam hingga tujuh detik.

Kajian Timetric terbukti benar ketika saya berbelanja di Bliblimart. Pasalnya, transaksi di Bliblimart benar-benar dilakukan tanpa kasir. Kita tinggal memindai barang belanjaan dengan smartphone, kemudian membayarnya melalui GO-PAY. Cukup mainkan jari, barang pun terbeli.

2. Praktis dan Aman Tanpa Uang Tunai

Membayar barang belanjaan di Bliblimart harus dilakukan secara non-tunai dengan menggunakan uang elektronik. Artinya, tidak perlu repot-repot membawa uang tunai, kita sudah bisa berbelanja di Bliblimart.



Kemudahan ini menjadikan Bliblimart lebih praktis dibandingkan toko atau pasar swalayan lainnya. Cukup mengisi saldo di akun GO-PAY, barang belanjaan langsung bisa dibayar. Tanpa uang tunai, kita pun terhindar dari berbagai risiko keamanan seperti kecopetan, uang hilang, atau uang palsu. Praktis dan aman.

3. Banyak Pilihan

Seluruh barang kebutuhan sehari-hari, sebagaimana biasa kita temui di toko atau pasar swalayan, bisa kita dapatkan di Bliblimart. Saya mencatat, ada beberapa kategori produk yang dijajalan di Bliblimart, antara lain groceries, perawatan tubuh, makanan dan minuman (baik kemasan maupun cepat saji), jajanan UMKM, kopi kekinian, mainan dan video games, hingga aksesoris seperti tas.



Selain itu, di Bliblimart juga menyediakan tempat bersantai yang sangat nyaman dan lega. Pelanggan yang membeli produk makanan dan minuman dapat menikmatinya langsung tanpa harus keluar store.

4. Mendorong Self-Service dan Digitalisasi

Inovasi yang dilakukan Blibli.com dengan membuka gerai Bliblimart secara langsung mengedukasi pelanggan untuk berbelanja secara self-service. Dengan kata lain, pelanggan bebas memilih produk dan membayarnya sendiri tanpa bantuan kasir.



Ini sejalan dengan era digitalisasi yang tengah berkembang saat ini. Toko yang menerapkan konsep self-service, seperti Bliblimart, lebih efisien dibanding toko yang masih menggunakan kasir. Bagi pelanggan, kemudahan ini memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mengedukasi dan mandiri.

Area Pengembangan

Meski punya segudang keungggulan, Bliblimart masih punya beberapa area pengembangan. Saya mencatat, setidaknya ada tiga hal.

Pertama, jumlah gerai. Mengingat baru diluncurkan pada Januari 2020, saat ini Bliblimart baru tersedia di Gedung Sarana Jaya, Jakarta Pusat. Ke depan, Bliblimart berencana akan membuka sejumlah gerai baru di berbagai kota di Indonesia. Kita tunggu saja!

Kedua, jam operasional. Bliblmart saat ini beroperasional pada hari kerja, sejak pukul 08.00 sampai dengan 18.00, lantaran lokasinya yang masih terbatas di Gedung Sarana Jaya (area perkantoran). Andai gerai baru dibuka, akan lebih baik bila Bliblimart menambah jam operasional, minimal hingga pukul 21.00.

Ketiga, metode pembayaran. Saat ini pembayaran di Bliblimart baru bisa dilakukan dengan menggunakan GO-PAY. Ke depan, Bliblimart berencana untuk menambah saluran pembayaran selain GO-PAY, dengan tetap mengusung konsep non-tunai.

Meski masih memiliki beberapa area pengembangan, hal tersebut tidak menahan saya untuk memberi “dua jempol” untuk inovasi yang dilakukan oleh Bliblimart. Sebab di Bliblimart, berbelanja menjadi lebih cepat, praktis, dan mudah.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera nikmati sensasi berbelanja tanpa kasir dan uang tunai hanya di Bliblimart! [Adhi]

***

Artikel ini diikutsertakan dalam Bliblimart Live Blog Competition yang diselenggarakan oleh Blibli.com pada acara “Ngopi Yuk Special: Blogger Exclusive Gathering”. Gambar bersumber dari koleksi pribadi penulis. Sedangkan olah grafis dilakukan secara mandiri oleh penulis.

0 komentar: