Seberapa Pentingkah Domain bagi Bisnis Anda?


Mengapa domain penting untuk bisnis?

Bisnis itu sebetulnya gampang. Sediakan apa yang pelanggan butuhkan, pesanan pun akan berdatangan. Penuhi saja keinginan banyak orang, produk kita pasti laris di pasaran.
Akan tetapi, untuk memenangi ketatnya persaingan, bermodal produk jempolan saja tidak cukup. Ada satu strategi pemasaran yang tidak boleh kita lewatkan: sentuhan digital.
Zaman sekarang, setiap orang ingin dimanjakan. Alih-alih keluar rumah, mereka ingin tahu apa yang kita jual hanya dengan menatap layar. Itulah mengapa, pebisnis mesti bersikap pintar. Bila ingin meraih hati banyak pelanggan, website dan domain adalah dua hal yang tidak boleh dialpakan.
***
Adalah Desli Turangan—manajer Kinaari Resort—yang mengajarkan saya kiat berbisnis di atas. Kami berkenalan ketika kantor saya mengadakan gathering ke resort yang terletak di tepi pantai Minahasa Utara, Sulawesi Utara itu.
Kalau ada kesempatan bertemu manajer atau pemilik bisnis, saya pasti langsung bersemangat. Sebab selalu ada cerita yang bisa dibagi, pasti ada ilmu yang bisa dipelajari.
Pertemuan saya dengan Desli pun begitu. Sejak dibangun pada 2015, ia dipercaya oleh Merry Polii—pemilik Kinaari Resort—untuk mengelola bisnis akomodasi tersebut.

Domain penting untuk bisnis akomodasi

“Tahun-tahun pertama itu sulit sekali, Pak,” kata Desli. “Kalau tidak punya ciri khas, bisnis hotel di Bumi Nyiur Melambai pasti cepat tergilas.”
Untuk menarik minat pelanggan, Desli harus berpikir tiga kali lebih keras. Sebab kalau tidak, resort-nya tidak akan pernah disinggahi orang.
“Akhirnya, kami putuskan untuk mengubah konsepnya, Pak,” tutur Desli. “Kami bangun 10 villa dengan mengadopsi desain Rumah Lumbung—rumah adat khas Lombok, dan menambahkan beragam spot foto menarik.”
Kalau Anda penasaran seperti apa rupa Kinaari Resort, saya tampilkan fotonya sekarang.

Domain penting untuk bisnis perhotelan
Domain penting untuk bisnis resort
Domain penting untuk bisnis

Bagaimana? Keren, bukan?
Hanya saja, saya masih tidak percaya Kinaari Resort belum punya website. Padahal, potensinya sungguh besar. Kalau Anda cek di Instagram, ada 1.000 lebih unggahan bertagar #kinaariresort. Jumlah yang tidak sedikit untuk ukuran resort bintang dua.
“Kami tidak punya orang, Pak,” jawab Desli ketika saya tanya alasannya. “Karyawan kami hanya warga sekitar—tidak seprofesional resort kebanyakan.”
Ketiadaan website nyatanya membuat Desli melewatkan banyak peluang. Pernah ada calon pelanggan telepon dari Australia dan Filipina, meminta alamat website. Desli menjawab tidak ada. Alhasil, transaksi pun batal terjadi.
Andai saja Kinaari Resort punya website dan domain sendiri, pasti hal sebaliknya yang akan terjadi. Sebab kedua hal itu adalah kunci menjadi jawara pada bisnis era digital.


Pentingnya domain bagi bisnis Anda

Dari cerita di atas, kita sadar bahwa website sangat penting bagi bisnis. Akan tetapi, itu saja tidak cukup. Website harus dilengkapi dengan domain, terutama top level domain (TLD).
Mengapa? Paling tidak ada enam alasan yang melatari.

1. Mudah Diingat

Domain ibarat alamat. Tugasnya menjadi jembatan antara website dengan pelanggan di dunia maya. Semakin sederhana nama domain Anda, semakin mudah pula pelanggan mengingatnya.

perbedaan website domain hosting blog

Sekarang, pilih salah satu di antara ketiga domain ini:
a.   www.kinaariresort.blogspot.com;
b.   www.kinaariresort.wordpress.com; atau
c.   www.kinaariresort.com
Mana yang lebih mudah diingat? Pasti yang terakhir, bukan?
Dua teratas adalah domain gratis ketika Anda membuat website di Blogger atau WordPress. Sedangkan yang terakhir adalah TLD yang bisa Anda beli dari penyedia domain.

2. Mudah Dicari

Tahukah Anda? Hingga akhir 2018 saja, ada sekitar 1,94 miliar website di dunia. Setiap harinya, ada sekira 5 juta pencarian yang dilakukan warganet dengan menggunakan Google. Kalau ingin website bisnis Anda nangkring di halaman pertama, Anda harus menggunakan domain sendiri.

fakta mengenai website

Data Statista (2017) bilang, 46,8 persen website menggunakan domain .com. Jumlah itu jauh di atas domain lainnya, dan itu terjadi bukan tanpa alasan. Setiap perusahaan, mulai dari kelas kakap hingga semenjana, memilih domain .com sebagai identitas. Anda pun bisa ikut tren yang sama untuk mengembangkan bisnis.

3. Meningkatkan Kredibilitas

Ketika pelanggan mengetahui bisnis Anda sudah hadir di dunia maya, itu membuat mereka lebih percaya dengan produk Anda. Apalagi kalau Anda sudah menggunakan domain sendiri. Sudah pasti kredibilitas bisnis Anda akan terangkat.

domain meningkatkan kredibilitas bisnis

Saat bertukar kartu nama, Anda jadi lebih percaya diri. Ketika presentasi di depan calon investor, Anda tidak perlu ragu lagi. Cukup tunjukkan nama domain Anda, mereka bisa tahu persis bisnis apa yang sedang Anda tawarkan. Cepat dan mudah.

4. Perkuat Branding

Meski sebagian besar perusahaan memilih .com, sebenarnya, ada banyak nama domain lainnya. Dan, Anda bisa memilih sesuai profil bisnis yang ditekuni. Dengan memilih domain yang tepat, branding pun akan semakin kuat.

Domain perkuat branding

Anda yang sedang merintis online shop, silakan pakai domain .shop atau .store. Bila punya banyak properti yang ingin disewakan, Anda juga bisa memilih domain .rent. Bisnis Anda di bidang kesenian? Jangan ragu untuk memilih domain .art.

5. Memperluas Pasar

Keunggulan ini sangat berguna bagi pebisnis pemula. Memiliki website dan domain sendiri ibarat punya toko di mana-mana. Siapa pun bisa menatap produk Anda hanya lewat layar laptop atau smartphone.

domain memperluas pasar

Apalagi kalau Anda mahir SEO. Dengan meriset kata kunci yang pas, website bisnis Anda akan tampil di page one. Semakin banyak yang mengakses domain Anda, semakin besar pula peluang produk Anda dipesan orang.

6. Sarana Promosi Murah

Berapa biaya promosi untuk membuat bisnis Anda dikenal banyak orang? Bisa murah, bisa juga mahal. Tergantung mau pakai media apa.
Kalau pakai metode konvensional, biayanya pasti mahal. Beda halnya kalau pakai website. Selain jangkauannya lebih luas, biayanya pun jadi lebih terjangkau. Memang berapa, sih? Silakan cermati infografis di bawah ini.

domain murah

Nah, kalau bisnis Anda mau untung, pakai saja domain murah dari Rumahweb. Apalagi, sekarang sedang ada promo gila-gilaan. Bayangkan! Domain .com plus hosting 1 GB dibanderol dengan harga Rp17.900 per bulan saja! Murah, kan?
Selain harganya murah, Rumahweb juga punya segudang fitur yang akan membuat domain Anda tetap aman, terkoneksi ke media sosial, serta mudah dikelola. Simak saja enam fitur keren pada gambar di bawah.

domain rumahweb

Bagi Anda yang baru merintis usaha, Rumahweb sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, Rumahweb juga menyediakan layanan hosting dan website builder. Anda tidak perlu jago coding untuk punya website keren. Sebab Rumahweb siap membantu Anda.

domain murah hosting unlimited rumahweb

Jadi, sudah siap memulai bisnis era digital? Kunjungi website Rumahweb sekarang, dan segera terbangkan bisnismu ke angkasa. Selamat mencoba! [Adhi]
***
Artikel ini diikutsertakan dalam Rumahweb Blog Competition bertema Mengapa Domain Penting untuk Bisnis?

rumahweb blog competition


6 comments:

  1. Kalau untuk blogger, domain TLD buat berburu job jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  2. Keren mas hehe, Mau nanya mas infografisnya bikin pake apa ya? Corel atau photoshop, terus karakternya desain sendiri atau beli file vector ya mas? keren banget mas jadi enak bacanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Febri. Infografis saya buat pakai PowerPoint. Vector saya ambil dari situs berbayar. Terima kasih sudah mampir. Salam hangat.

      Delete
  3. Grafis analogi struktur websitenya cakep amat! Iya bener domain emang alamat rumah virtual, jadi penting banget buat bisnis, supaya pengunjung makin percaya kalau mau beli produknya.

    ReplyDelete
  4. bagi orang bisnis yang ingin melebarkan sayapnya,memiliki website adalah kewajiban

    ReplyDelete