Pulau Mahoro, Bidadari Suci di Utara Bumi Pertiwi

Pulau Mahoro, Bidadari Suci di Utara Bumi Pertiwi | Sumber : Dokumentasi Pribadi
Bagai bidadari yang masih suci, Tuhan memastikan pulau ini agar tidak dihuni. Dijaga oleh berjuta gua alami dan birunya lautan yang seakan tak bertepi. Inilah Pulau Mahoro, salah satu keindahan hakiki di utara Bumi Pertiwi.

Pulau Mahoro terletak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. Berjajar indah dengan gugusan pulau-pulau lainnya di utara Sulawesi. Bagi kebanyakan orang, namanya mungkin belum mengalahkan ketenaran Pulau Bunaken, namun tidak dengan keindahannya.

Untuk menginjakkan kaki di pulau yang tidak berpenghuni ini, Anda butuh sedikit kesabaran. Dari pelabuhan Manado, Anda harus naik kapal laut ke pelabuhan Siau, sebelum melanjutkan perjalanan dengan perahu motor menuju Pulau Mahoro.

Infografis Dari Manado Menuju Pulau Mahoro | Sumber : Pribadi
Perjalanan dari Manado menuju Siau dapat Anda tempuh selama kurang lebih 4 jam dengan menggunakan kapal laut bernama Majestic Kawanua yang berlabuh setiap hari pada pukul 09.00 WITA. Untuk tiket kelas VIP, Anda dapat membelinya dengan harga Rp240 ribu, sudah termasuk dengan sekotak nasi campur untuk melawan rasa lapar dan mabuk laut.

Meninggalkan Pelabuhan Manado Menuju Siau | Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sebelum bersandar di Siau, kapal laut Majestic Kawanua akan singgah terlebih dahulu selama 10 menit di Pulau Biaro dan Tagulandang. Saat singgah, penjual jajanan pasar akan masuk ke dalam kapal dan menawari Anda berbagai macam jajanan khas daerah, mulai dari sukun, kenari, hingga salak. Gunakan kesempatan ini untuk mengisi kembali persediaan makanan Anda.

Raungan mesin kapal yang diselingi deburan ombak akhirnya akan membawa Anda ke pelabuhan Ulu di Siau. Sambil menghirup udara segar, nikmatilah lezatnya ikan bakar dabu-dabu di rumah makan kawasan Plaza Siau, yang letaknya tidak jauh dari pelabuhan. Bagi Anda penikmat kopi, Anda juga bisa menikmati kopi khas Minahasa di kedai kopi yang juga tidak terlalu jauh dari pelabuhan.

Untuk urusan penginapan, sayangnya Siau tidak menawarkan banyak pilihan bagus. Penulis menyarankan Anda untuk menginap di Penginapan Little House atau Hotel Jakarta, karena kualitasnya yang lumayan dan letaknya yang dekat dengan pelabuhan. Harga kamar per malam sekitar Rp300 ribu, sudah termasuk sarapan.

Bersama Kawan Meninggalkan Pelabuhan Ulu Siau Menuju Pulau Mahoro | Sumber : Dokumentasi Pribadi
Setelah beristirahat sejenak, tiba saatnya melanjutkan perjalan ke Pulau Mohoro. Jika Anda tidak sedang berwisata bersama orang lokal, pesanlah perahu motor nelayan melalui petugas penginapan. Biaya sewa perahu berkisar antara Rp200 ribu sampai dengan Rp400 ribu, tergantung keahlian Anda dalam menawar. Satu perahu motor dapat membawa hingga 10 penumpang.

Pulau-Pulau Kecil dan Gua Alami di Sepanjang Perjalanan Menuju Pantai Mahoro | Sumber : Dokumentasi Pribadi
Pulau Mohoro sendiri merupakan salah satu gugusan kepulauan Buhias. Selama perjalanan, Anda akan menjumpai pulau-pulau lainnya, seperti Pulau Pahepa, Tapile, Kapuliha, dan Masare. Jangan lewatkan pula beberapa gua alami yang terbentuk dari karang, tempat habitat burung walet.

Penulis sendiri berkunjung ke Pulau Mahoro pada awal bulan November, saat ombak sedang tinggi. Tidak heran bahwa di selama perjalanan, deburan ombak seringkali menggoyangkan perahu motor cukup kuat.

Bibir Pantai Pulau Mahoro | Sumber : Dokumentasi Pribadi
Setelah terombang-ambing selama kurang lebih 45 menit, kini tibalah saatnya memeluk sang bidadari. Pasir putih yang terhampar bersih di pinggir pantai seraya menanti sang petualang sejati. Hamparan bukit berwarna hijau pekat menjadi latar belakang pulau mungil seluas 14 hektar ini.

Pulau Mahoro | Sumber : Dokumentasi Pribadi
Menurut berbagai sumber, Pulau Mahoro juga menyajikan keindahan bawah laut dengan hamparan terumbu karangnya yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Sayangnya, perlengkapan snorkeling atau diving tidak disediakan, sehingga Anda harus membawa sendiri.

Keindahan Pulau Mahoro sedikit banyak sudah dikenal hingga mancanegara. Pulau ini pernah menjadi salah satu lokasi shooting acara reality show televisi Korea Selatan, Law of the Jungle.

Penulis Bersama Istri Tercinta di Pulau Mahoro | Sumber : Dokumentasi Pribadi
Jangan hanya terdiam, segeralah buka pakaian Anda dan nikmati segarnya sensasi berenang di laut lepas nan jernih. Bagi Anda yang tidak suka berbasah-basahan, Anda dapat duduk di pasir putih sambil memandangi indahnya panorama bahari yang tiada duanya. Jika ingin bermalam di sini, siapkan tenda dan makanan secukupnya, mengingat pulau ini tidak berpenghuni.

Penulis dan Kawan Berswafoto di Pantai Mahoro | Sumber : Dokumentasi Pribadi
Tidak terasa sudah satu setengah jam berada di pelukan sang bidadari. Sang mentari perlahan mulai menjauh dari pandangan, merubah warna kuningnya menjadi jingga. Sambil membersihkan butiran pasir dari celana, dengan berat hati penulis bergegas kembali ke perahu.


Di tengah raungan mesin perahu motor yang menderu, terucap doa agar suatu saat nanti bisa kembali bertemu.

4 comments:

  1. CHERYL MARTINS LOAN FIRM

    selamat sepanjang hari

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya CHERYL LOAN FIRM saat ini menawarkan Pinjaman Jangka Panjang dan Jangka Pendek untuk masing-masing organisasi dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk memperbaiki bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat bunga rendah 1,5%. untuk semua bentuk pinjaman keuangan, ini terjangkau, dengan tingkat bunga rendah, layanan pinjaman kami berkisar antara minimum ($ 7,000.00, $ 4,00.00) sampai jumlah maksimum ($ 40,000.00) dan dengan durasi minimum 1 tahun, dan jangka waktu maksimum 10 tahun yang telah disetujui oleh perusahaan pinjaman, sebelum kami dapat mengarahkan Anda ke bank pengalihan yang akan segera memulai pinjaman Anda dan dengan tingkat bunga 1,5%, maka biarlah kami memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut. hubungi kami dengan informasi berikut dibawah.
    (CHERIL.MARTINSLOANFIRM@GMAIL.COM)
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :::: :::::
    DOLAR
    POUND
    EURO
    RM
    Rp

    hubungi kami sekarang

    ReplyDelete
  2. Nama saya adalah Okta Mira Anda dipersilakan untuk CREDIT UNION DAYA LESTARI tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah defisit keuangan menjadi individu yang kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang bertekad dan memiliki sumber daya keuangan yang baik tempat berselingkuh atau merampok Orang-orang dari uang mereka adalah tabu tempat di mana Anda dilengkapi secara finansial untuk mengatasi kekurangan keuangan saya telah mengulurnya itulah sebabnya saya datang ke sini untuk memberi tahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama CREDIT UNION DAYA LESTARI adalah untuk menyediakan dana dalam mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:
    ✓ Tagihan Rumah Sakit
    ✓ Renovasi Rumah
    ✓ Pembesaran Bisnis
    ✓ Refinancing Ekstensi Pertanian
    ✓ Penambangan Emas
    ✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
      Semua ini dan banyak lagi
    Gmail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
             ➡ WA{+ 33753893351}
            ➡  BB PIN: {D8980E0B} {4424A}

    ReplyDelete
  3. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku

    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayaiu kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman

    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    ReplyDelete