Pantai Sara Besar : Permata Putih Nan Cantik di Utara Indonesia


Pantai Sara Besar berlokasi di Pulau Sara Besar, yang merupakan salah satu pulau tak berpenghuni di gugusan kepulauan paling utara di Indonesia, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.  Meskipun luasnya hanya sekitar 2 km persegi, pantai Sara Besar memiliki daya tarik tersendiri, yaitu pasirnya yang berwarna putih bersih.
Untuk menikmati pemandangan indah nan eksotis ini, Anda tidak perlu bersusah payah. Perjalanan ke pantai Sara Besar hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Melonguane. Biaya sewa speedboat pun cukup terjangkau, hanya Rp100 ribu untuk setiap perjalanan pulang pergi. Melonguane sendiri hanya berjarak 1 jam dengan menggunakan pesawat udara dari Bandara Sam Ratulangi di Kota Manado. Penerbangan Manado – Melonguane saat ini tersedia satu kali dalam sehari.


Di pantai ini, Anda akan menjumpai desiran ombak yang menghadirkan ketenangan hati. Cocok bagi Anda professional muda yang membutuhkan refreshing di tengah padatnya rutinitas sehari-hari. Tapi, jangan berharap menemukan tempat penyewaan sandaran kayu untuk berjemur ataupun food stall, karena pantai ini (sekali lagi) benar-benar tidak berpenghuni.


Melalui Perda No.1 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah, Pemerintah Daerah berupaya mendorong pantai ini sebagai salah satu objek wisata unggulan di Sulawesi Utara. Saat ini, tengah dibangun jalur lingkar pulau yang bisa dilalui oleh sepeda. Semoga nantinya akan ada resort bintang 5 di pantai ini.
Satu hal yang perlu diingat jika Anda berkunjung ke sini. Jagalah Kebersihan! (AN-2017)


0 comments:

Post a Comment